Tinggalkan Bensin, 500 Nelayan Maros Melaut Pakai Elpiji 3 Kg

Tinggalkan Bensin, 500 Nelayan Maros Melaut Pakai Elpiji 3 Kg - (foto by Wibowo)

CELEBESMEDIA.ID, Maros - Sebanyak 500 nelayan yang tersebar dari 25 desa di kabupaten Maros, mendapatkan bantuan paket alat konversi bahan bakar gas dari program Kementrian ESDM dan Komisi VII DPR RI. Penyerahan bantuan digelar di Balai Diklat Pengolahan Perikanan, Maros, Kamis (21/11/2019).

Dengan alat tersebut, kini nelayan tidak perlu lagi menggunakan bensin sebagai bahan bakar mesin perahu, melainkan menggunakan tabung gas 3 kg yang biayanya relatif lebih murah.

Nelayan yang mendapat bantuan tersebut dapat menghemat pengeluaran hingga jutaan rupiah per bulan, hanya untuk membeli bensin sebagai bahan bakar mesin perahu. Sebelumnya, untuk kebutuhan melaut perhari, nelayan mengeluarkan uang Rp 35 ribu untuk membeli 5 liter bensin.

Namun kini, dengan menggunakan alat konverter, nelayan sudah bisa melaut memakai tabung gas 3 kg sebagai bahan bakar. Biaya yang dikeluarkan jelas lebih hemat. Satu tabung gas 3 kg seharga Rp 17.500 di pasaran mampu bertahan untuk pemakaian 3 hari di laut.

“Kami meminta kepada nelayan untuk memanfaatkan alat tersebut dengan baik. Penggunaan bahan bakar gas diharapkan dapat lebih ramah lingkungan, dan tidak merusak biota laut karena pencemaran berat,” terang anggota Komisi VII DPR RI, Yuliani Paris.

Pemerintah pusat telah memberikan paket bantuan alat konverter ini sejak tahun 2017. Kabupaten Maros sendiri, total sudah menerima 925 paket.