Kemenag Sulsel Akan Pantau Hilal Kamis 20 April

CELEBESMEDIA.ID, Makassar - Kementerian Agama Provinsi Sulawesi Selatan (Sulsel) akan melaksanakan sidang Isbat terkait penentuan 1 Syawal 1444 Hijriah atau Idul Fitri pada Kamis 20 April 2023.

Kepala Bidang Urais Kanwil Kemenag Sulsel, Wahyuddin Hakim mengatakan sidang isbat akan dilakukan menggunakan rukyatul hilal. Sidang isbat rencananya akan dipusatkan di Kabupaten Takalar tepatnya di pantai Galesong dilaksanakan  pukul 17.00 Wita.

"Kegiatan sidang isbat insyaAllah baru akan dilaksanakan pada tanggal 20 april 2023 tepatnya di pantai Galesong, Takalar," ujarnya, kepada CELEBESMDIA.ID, Selasa (18/4/2023).

Pada pelaksanaan rukyatul hilal nantinya di Sulsel akan memanggil sejumlah pihak seperti organisasi keagamaan, MUI, muhamadiyah, NU, Perguruan tinggi , maupun pihak BMKG.

"Jadi pada pemantauan nanti kita mengundang sejumlah pihak yang berkompeten di bidangnya dalam membantu melihat posisi hilal," bebernya.

Wahyuddin Hakim menambahkan pada tanggal 20 April nanti ada ratusan titik tempat pelaksanaan rukyatul hilal di Indonesia. Laporan nantinya akan diserahkan di Menag RI.

"Idul Fitri baru akan dilaksanakan setelah Menag RI mendengar laporan dari 103  titik pemantauan Hilal di Indonesia," jelasnya.

Laporan: Ardi Jaho