Pria Asal Gowa Jadi Polisi Gadungan Karena Ingin Disegani

CELEBESMEDIA.ID, Makassar - Seorang pria asal Kabupaten Gowa, berinisial H (30) ditangkap setelah mengaku sebagai polisi yang bertugas di Brimob Pa' baeng-baeng, Makassar.

Polisi mengamankan H pada Kamis (23/2/2023) sekira Pukul 01.25 Wita.

Penyamaran H sebagai polisi gadungan terbongkar setelah istrinya sendiri curiga terhadap gerak geriknya yang tidak seperti polisi pada umumnya.

Curiga dengan suaminya, dirinya pun berkoordinasi dengan Mako Brimob untuk menanyakan status H yang mengaku bertugas di Brimob Pa'baeng-baeng.

Alhasil, H yang merupakan warga Lekoboddong, Kelurahan Benteng Somba Opu, Kecamatan Barombong, Kabupaten Gowa, ternyata bukan polisi setelah Intel Brimob Polda Sulsel melakukan penyelidikan.

Kasi Humas Polrestabes Makassar, Kompol Lando K Sambolangi mengatakan dari tangan H ditemukan sejumlah identitas dan Kartu Tanda Anggota (KTA) anggota Polri yang ternyata palsu.

"Setelah mengetahui bahwa H merupakan anggota Polri gadungan. Dia langsung diamankan di Mako Brimob Pa'baeng-baeng," ucap Lando kepada CELEBESMEDIA.ID.

Lando mengungkapkan, dari pengakuan H, dia mulai melakukan penyamaran sebagai anggota Polri sejak tahun 2018.

"Alasan dirinya menyamar sebagai anggota Brimob karena ingin disegani dan ditakuti oleh beberapa anggota keluarganya yang nakal," ujarnya.

Agar tidak ada lagi masyarakat yang dirugikan, Lando mengimbau masyarakat selalu waspada terhadap orang yang tidak bertanggung jawab yang mencari keuntungan dengan melakukan penyamaran atau memalsukan riwayat hidup, jabatan atau status sosial.

"Laporkan segera kepada aparat kepolisian jika ada hal hal yang mencurigakan," tutupnya.

Atas perbuatannya, H diamankan di Mako Brimob Polda Sulsel, Jalan Sultan Alauddin, Pa'baeng-baeng. Selanjutnya, pelaku akan diproses hukum di Polsek Tamalate.

Laporan : Darsil Yahya