Pangdam XIV/Hasanuddin Uji Kelayakan 6 Armada Perahu Karet

Kodam XIV Hasanuddin uji kelayakan 6 armada RIB - (foto by Darsil Yahya)

CELEBESMEDIA.ID, Makassar - Pangdam XIV/Hasanuddin Mayjen TNI Andi Muhammad Bau Sawa Mappanyukki menguji kelayakan 6 armada Rigid Inflatable Boat (RIB) atau perahu karet di Pelabuhan Polairud Makassar Jl. Ujung Pandang, Bulo Gading Kelurahan Ujung Pandang, Makassar, Jumat (15/7/2022).

Mayjen TNI Andi Muhammad bahkan ikut merasakan dan mengelilingi perairan di sekitar pelabuhan Soekarno Hatta selama 30 menit menggunakan RIB.  

"Hari ini kita melakukan kegiatan sertifikasi kelaikan atas RIB ini dimana armada RIB ini ada 6. Dukungan dari Mabes TNI AD dan di sini kita kumpul saya bersama pejabat utama dan jajaran dan dari vendor untuk sama-sama menguji 6 unit RIB," kata Mayjen TNI Andi Muhammad kepada awak media.

Andi Muhammad mengungkapkan, 6 RIB tersebut bakal digunakan sebagai operasional serta salah satu upaya komando atas dalam hal ini TNI AD dalam mendukung pelakasaan tugas jajaran kodam khususnya Kodam XIV/Hasanuddin.

"Saya berharap dengan adanya RIB ini bisa mendukung tugas-tugas yang dibebankan kepada perbekalan angkatan yang ada di wilayah kodam," bebernya.

Andi Muhammad yang juga merupakan cucu langsung dari Raja Bone ke 32, Andi Mappanyukki ini menuturkan, RIB ini sangat cocok digunakan di wilayah Kodam XIV/Hasanuddin yang memiliki banyak pulau.

"Kita tahu bahwa Sulsel memiliki banyak pulau dan kita banyak satuan-satuan ke wilayahan yang ada di sana. Seperti di Pulau Kodingareng ada koramil saya juga bertugas di sana dalam rangka pembinaan teritorial dan ada Banbinsa dibeberapa pulau-pulau seperti Barang Caddi, Barang Lompo," terangnya.

Mereka lanjutnya, bertugas di sana dan ini salah satu armada untuk memperlancar tugas mereka di sana, seperti dukungan personil maupun materil khususnya logistik. 

"Ini skala priotitas jadi ini bagian kepedulian TNI AD dalam mempelopori usaha-usaha mengatasi kesulitan rakyat di sekitar wilayah Kodam XIV/Hasanuddin," ujarnya.

Kendati demikian, Andi Muhammad mengatakan keenam RIB ini tak hanya ditempatkan di Makassar saja tapi juga di dua wilayah yakni Kendari dan Parepare. 

"Sebanyak 6 unit kapal RIB ini akan dibagikan kepada  Denjasaang XIV-44-13 yang bermarkas di Makassar sebanyak 2 unit, Denbekang XIV-44-03/Kendari ada 2 unit, dan Denbekang XIV-44-02/Pare-pare sebanyak 2 unit," sebutnya.

Keenam armada RIB ini sebagai alutsista yang harus dimaksimalkan penggunaannya dan khususkan untuk kepentingan tugas pokok Kodam XIV/Hasanuddin.

"RIB ini misalnya bisa digunakan jika di pulau ada trouble spot atau ada kekacauan ini bisa kita gunakan, bisa berbentuk SAR, penanganan bencana apapun yang ada di pulau dan lain sebagainya," pungkasnya.

Adapun spesifikasi teknis RIB sebagai berikut: panjang kapal 12,07 m, lebar dg Hypallon 3,275 m, luas bagian 2,714 m, kapasitas tangki BBM 1.370 liter, kecepatan 35 knot. Kemampuan jelajah  200 Nm, bahan aluminium, daya angkut personel 16 org

Engine Yamaha 300 HP 2 unit, system kerja elektrikal, dilengkapi navigasi dan komunikasi, dilengkapi telefon satelit serta dilengkapi alat keselamatan.

Selain spesifikasi tersebut di atas, RIB ini memiliki stabilitas pada kanan dan kiri lambung, sehingga kecil kemungkinan terbalik.

Laporan : Darsil Yahya