Jalan Cilallang-Sumabu Mulus, Diharapkan Mampu Tingkatkan Pendapatan Masyarakat

CELEBESMEDIA.ID, Luwu— Bupati Luwu, Basmin Mattayang resmikan pemanfaatan ruas jalan Cilallang-Sumabu dengan volume 6.420 meter x 4 meter di Kecamatan Kamanre Kamis (25/5/2023).

“Alhamdulillah, ini perlu kita syukuri dan harus dipelihara agar bisa bertahan lama,” kata Bupati Luwu.

Anggaran pengaspalan ini kita peroleh berkat komunikasi intens antara Pemkab Luwu dengan pemerintah pusat.

“Komunikasi harus yang baik harus dilakukan, dan memberikan gambaran potensi ke pemerintah pusat terkait apa saja yang bisa berkembang jika akses jalan di wilayah ini semakin lancar,” kata Basmin Mattayang.

Pengaspalan Ruas jalan Cilallang Sumabu ini menelan anggaran senilai Rp. 13.450.000.000,- bersumber dari dana DAK tahun anggaran 2022 dengan Volume 6.420 meter x 4.00 meter.

“Saya berharap, dengan diremikannya pemanfaatan ruas jalan ini dapat mempermudah transportasi masyarakat dalam menjual hasil buminya sehingga akan ada peningkatan pendapatan yang mereka peroleh,” ucapnya.

Sementara, Kepala Dinas PUTR, Ikhsan Asaad mengungkapkan tiga variabel yang menjadi pertimbangan dalam pengusulan proyek tersebut.

“Ada tiga variabel yang harus dipenuhi, yakni integrasi fungsi jalan, dapat mendukung produksidan distribusi, serta harus adanya konektifitas keterhubungan dengan aksesibilitas,” ungkapnya

Mewakili masyarakat yang berada dalam wilayah kerjanya, Kepala Desa Libukang, Indah Puspita Sari menyampaikan ucapan terima kasih atas pengaspalan jalan didesanya

“Terima Kasih Bapak Bupati, Anggota DPRD, Camat Kamanre dan seluruh pihak yang mendukung terealisasi pengaspalan didesa kami,” ucap Indah.

Menurutnya, masyarakat desa Libukang sangat bahagia karena pengaspalan ini merupakan yang pertama  di Desa Libukang

“Kami berharap semoga tahun ini pembangunan dapat terus dilanjutkan di Desa Libukang. Permintaan kami kiranya dapat dibantu pembangunan drainase dari batas Desa Libukang ke Dusun Wai Tuo,” pinta Indah.

Saat peresmian pemanfaatan ruas jalan Cilallang-Sumabu, Bupati Luwu, Basmin Mattayang juga didampingi oleh Kapolres Luwu, AKBP Arisandi, Kejari Luwu, Andi Usama Harun, dan Kepala Dinas PUTR Ikhsan Asaad. (rls/fit)