Terjebak Kebakaran, Tim SAR Selamatkan 13 Pendaki di Gunung Raung

Para pendaki asal Singapura di Pos Sekretariat Pendakian Gunung Raung - (foto by tempo.co)


CELEBESMEDIA.ID, Jatim - Setelah berjuang berjam-jam mendaki Gunung Raung hingga ke camp 9, akhirnya tim SAR gabungan berhasil mengevakuasi turun 13 pendaki yang terjebak di camp 9 akibat jalur pendakian yang terbakar hebat.

Menggunakan sepeda motor, ke 13 pendaki yang 7 di antaranya adalah warga negara Singapura, tiba di Pos Sekretariat Pendakian Gunung Raung yang ada di Dusun Wonorejo, Desa Kalibaru Wetan, Kecamatan Kalibaru, Jawa Timur sekitar pukul 10.30 Wib, Sabtu (5/10/2019).

"Alhamdulillah mereka selamat. Kami menjemput di sekitar pos 4. Mereka turun langsung kita bawa pakai motor di batas hutan," ujar Asnawi, Kepala Operasi SAR Gabungan, dirilis CELEBESMEDIA.ID dari detikcom.

Jalur yang digunakan untuk mengevakuasi ke 13 pendaki turun dari Gunung Raung ini, kata Asnawi, memang sangat ekstrem. Ini terbukti, jika tidak menguasai medan atau jalur yang sempit tersebut akan sangat berbahaya. "Sangat berbahaya. Kami ucapkan terima kasih kepada para relawan yang berjuang dengan gigih. di jalur pendakian banyak jurang yang tidak terjangkau manusia," tambahnya.

Untuk lokasi kebakaran, kata Asnawi, masih ada beberapa titik api yang berbahaya yang sewaktu-waktu bisa membesar lagi. "Masih sangat berbahaya bagi pendakian. Kami saja tim penyelamat juga nekat menerobos api karena memang hanya satu jalur yang ada. Sebagian terkepung api," tambahnya.

Hingga saat ini tim gabungan relawan masih ada beberapa yang berada di lokasi terbakarnya jalur pendakian Gunung Raung. Mereka berupaya memadamkan lokasi sambil menyisir lokasi bila ada pendaki atau relawan lain yang tertinggal. "Kita masih melakukan penyisiran," pungkasnya.