Basarnas Siaga Merah Putih di Gunung Bawakaraeng

CELEBESMEDIA.ID, Makassar - Siaga Merah Putih menjadi salah satu momentum perayaan 17 Agustus yang dilaksanakan setiap tahunnya di Gunung Bawakaraeng.

"Bersama dengan puluhan potensi SAR yang ikut terlibat dalam kegiatan Siaga Merah Putih ini, diharapkan para pendaki-pendaki yang hendak melaksanakan upacara 17 Agustus dapat terpantau," ujar Kepala Kantor Basarnas Makassar, Mexianus Bekabel.

Hingga Selasa (15/8/2023), sudah terdaftar 52 organisasi yang sudah terregistrasi di Basarnas Makassar. Dimana mereka akan berpartisipasi dalam pelaksanaan siaga merah putih di Gunung Bawakaraeng.

Lebih jauh, Mexianus menjelaskan bahwa tim rescuer siap untuk memberikan pertolongan ataupun melakukan evakuasi ketika pendaki mengalami masalah saat melakukan pendakian. 

"Kita sudah membuka posko yang berada di Lembanna, sebagai akses untuk menerima dan mengirim informasi. Tapi, kami sangat berharap bahwa tidak akan banyak kejadian yang mengkhawatirkan dalam kegiatan siaga khusus merah putih kali ini," tutup Mexianus.

Diberitakan sebelumnya, satu orang pendaki di Gunung Bawakaraeng dievakuasi oleh Tim SAR gabungan merah putih pada tahun lalu, Selasa (16/8/2022).

Pendaki tersebut atas nama Syahrul mengalami patah kaki akibat terjatuh di Pos 8 Gunung Bawakaraeng saat melakukan pendakian.

Sebanyak 2.065 pendaki tercatat mengikuti upacara peringatan HUT Kemerdekaan RI ke-77 Tahun 2022 di kawasan Gunung Bawakaraeng, Kecamatan Tinggimoncong, Kabupaten Gowa, Rabu (17/8/2022).