Jokowi Perintahkan Mendagri Tito Karnavian Bereskan Hal Ini

Mendagri Tito Karnavian (berdiri) - (foto by kanalsatu)

CELEBESMEDIA.ID, Jakarta - Presiden Joko Widodo (Jokowi) memerintahkan Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tito Karnavian untuk membereskan berbagai peraturan daerah (perda) yang tumpang tindih. Perintah diberikan dalam Sidang Kabinet Paripurna di Istana, Kamis (24/10/2019).

Perintah ini lantaran Jokowi sudah 'gerah' dengan masalah investasi yang tak kunjung selesai. Padahal, percepatan investasi sudah mulai dilaksanakan sejak periode pertama pemerintahannya. "Mendagri tolong ini digarisbawahi, peraturan daerah, peraturan gubernur, peraturan bupati. Masih banyak sekali yang tumpang tindih dengan peraturan di atasnya," ucap Jokowi dikutip CELEBESMEDIA.ID dari CNNIndonesia.

Lebih lanjut, ia turut memberi instruksi kepada kementerian/lembaga agar meningkatkan pelayanan investasi. Tujuannya, agar realisasi pertumbuhan investasi ikut terpacu. "Apa saja yang menghambat investasi dunia usaha, segera kumpulkan dalam waktu sebulan ini, nanti akan segera dirapatkan dalam dua minggu lagi. Hal yang menghambat, kita hapuskan, sehingga bekerja cepat," ujarnya.

Di sisi lain, Jokowi turut mengingatkan agar para jajaran menteri Kabinet Indonesia Maju selalu ingat tugas mereka untuk memperbaiki defisit neraca perdagangan. Ia meminta para menteri bisa membuat kebijakan dan program yang mampu mengembangkan industri dalam negeri dan ekspor. "Kalau ada industri yang berorientasi ekspor atau ingin memproduksi barang-barangsubtitusi impor, tidak perlu lama-lama, tidak perlu mikir, tanda tangani, sudah,"pungkasnya.