Jukir Nakal Makin Marak, PD Parkir: Kami Sementara Tertibkan

Pakir tepi jalan di Makassar - (foto by dok CELEBESMEDIA.ID)

CELEBESMEDIA.ID, Makassar- PD Parkir Makassar Raya tidak memungkiri jika di Makassar masih banyak juru parkir (jukir) nakal yang bertindak sesuai keinginan mereka dengan mengabaikan aturan yang ditetapkan pemerintah. 

Direktur Operasional PD Parkir Makassar Raya, Christopher Aviary bahkan mengakui  jika ada jukir yang berani "bermain" dan mengambil keuntungan dari PD Parkir. Mirisnya jukir nakal tersebut umumnya adalah jukir resmi yang direkrut PD Parkir

"Jukir yang direkrut dulu, sekarang menjadi raja-raja kecil mereka jual slot slot mereka ke jukir jukir lain, jadi secara data daerah itu dikuasi oleh pd parkir, tetapi secara nyata yang jalankan adalah jukir liar," jelas Cristopher dalam Dialog Legislasi Celebes TV, Senin (1/8/2022). 

Permasalahan ini yang menjadi fokus penertiban. Saat ini pun sudah ada beberapa titik yang dikuasai hanya jumlah dari jukir nakal yang tersebar di Makassar ini masih dalam pendataan dan penertiban PD Parkir.

"Amanah yang diberikan kepada jukir untuk mengelola dengan baik dan benar membuat mereka dalam zona nyaman. Kami sementara tertibkan. Ada beberapa titik yang sudah kami kuasai," lanjutnya. 

PD Parkir, kata Christopher nantikan akan meramu aturan yang mengikat antara juru pakir dan PD Parkir sebagai pengelola. Aturan tersebut nantinya juga akan memiliki kekuatan hukum. 

"Cuma memang ini ke depan, bagaimana hubungan hukum antara pd parkir sebagai pengelola perparkiran di Makassar harus betul betul ada ikatan hukum yang kuat dan batasan yang jelas," tegasnya.

Sementara itu, legislator Makassar, Wahab Tahir menyatakan siap membantunPD Pakir dalam upaya penertiban jukir liar ini.

"Kita backup, butuh lindungan peran pd parkir sebagai perwakilan pemerintah kota membina mereka, kalau anda butuh backup dari kami sampaikan kita tolong," katanya.