Habibie Presiden Indonesia Pertama yang Dimakamkan di Kalibata

Jenazah BJ Habibie saat tiba di TMP Kalibata, Kamis (12/9/2019) - (foto by kompascom)

CELEBESMEDIA.ID, Jakarta - Presiden ke tiga Indonesia, BJ Habibie meninggal dunia di usia 83 tahun, Rabu (11/9/2019) setelah menjalani perawatan intensif di RSPAD Gatot Soebroto, Jakarta, sejak 1 September 2019.  Hari ini, Kamis (12/9/1019) jutaan masyarakat melepas kepergiannya dengan doa. Kepergiannya adalah duka bagi Indonesia.

Presiden Joko Widodo (Jokowi) pun menjadi inspektur upacara pemakaman di Taman Makam Pahlawan Kalibata. Habibie dimakamkan di samping makam ibu Ainun, istrinya tercinta. Habibie adalah presiden Indonesia pertama yang dimakamkan di TMP Kalibata. Semasa hidup, Habibie memang telah berwasiat agar dimakamkan di Taman Makam Pahlawan (TMP) Kalibata, tepat disamping makam ibu Ainun. 

Tiga mantan Presiden Indonesia lainnya yakni : Soekarno, Soeharto dan Abdurrahman Wahid (Gus Dur), dimakamkan di tempat berbeda. 

Presiden pertama Indonesia, Ir. Soekarno dimakamkan di Blitar, Jawa Timur. Presiden ke-2 yakni Soeharto  dimakamkan di kompleks pemakaman Astana Giribangun di Karanganyar, Jawa Tengah. Sementara presiden ke-4 Indonesia, Abdurrahman Wahid (Gus Dur) dimakamkan di pemakaman keluarga besarnya di Jombang, Jawa Timur.