3 Tips Minum Kopi di Pagi Hari agar Nyaman di Perut

CELEBESMEDIA.ID, Makassar - Menikmati secangkir kopi di pagi hari bagi sebagian orang sudah menjadi rutinitas. Namun beberapa orang yang sebenarnya menyukai kopi harus membatasi konsumsi kopi di pagi hari karena masalah tidak nyaman di perut.

Ahli diet yang berbasis di Brooklyn, Maddie Pasquariello, MS, RDN berbagai kiat tips konsumsi kopi di pagi hari gar nyaman di perut.

1. Awali dengan hidrasi tubuh

Saat bangun tidur, hidrasi tubuh dengan minum air. Hal ini perlu dilakukan sebab saat tidur tubuh  mengeluarkan air melalui pernapasan. Dehgan meminum air dinpagi hari dapat membantu mendapatkan kembali cairan setelah tidur malam, meningkatkan pencernaan, dan meningkatkan metabolisme yang sehat.

“Bagi sebagian orang, minum air terlebih dahulu juga dapat mengurangi efek kafein—dan secara umum, yang terbaik adalah memulai dengan air sebelum mengonsumsi minuman lain,” kata Pasquariello melansir Antara, Jumat (5/1).

2. Minum kopi sambil menikmati makanan 

Minumlah kopi dengan makanan pendamping di pagi hari. Meski porsi makanannya sedikit usahakan tetap berpegang pada standar keseimbangan karbohidrat, protein, dan lemak untuk membuat Anda tetap berenergi dan kenyang hingga waktu makan siang.

"Dengan makan sedikit, Anda membantu menyerap sebagian asam lambung yang diproduksi dan menghindari gejala yang tidak menyenangkan," katanya.

3. Konsumsi kopi dengan krimer

Terakhir jika Anda terbiasa menikmati kopi hitam, ahli diet mengatakan segelas susu atau krimer (bukan produk susu bagi mereka yang kesulitan mencerna laktosa) dapat membantu mengurangi sakit perut.

“Beberapa orang mungkin juga memilih untuk menambahkan sedikit soda kue ke dalam kopi mereka untuk meningkatkan pH keseluruhan dan membantu mencegahnya menyebabkan mulas,” tambah Pasquariello