5 Asupan Makanan yang Dapat Mengembalikan Stamina

Ilustrasi sumber makanan sehat - (foto by: pixabay)

CELEBESMEDIA.ID, Makassar - Di tengah pandemi, rasa lelah dan bosan memang sudah jadi santapan. Berkali-kali kita diharuskan untuk beradaptasi dengan kondisi yang terus berubah. 

Lelah dan bosan itu bisa jadi berarti tubuh butuh asupan yang tepat agar bisa tetap berenergi sepanjang hari. Apa lagi kegiatan kita dipenuhi dengan kesibukan dan akhirnya selalu merasa mengantuk saat istirahat belum tiba. 

Hal itu sangat berpengaruh terhadap asupan makanan ditubuh. Karena ternyata apa yang kita makan juga menentukan energi dan stamina tubuh.

Makanan berenergi ini bisa didapatkan dari sumber protein,serat dan lemak sehat. Terlebih makanan yang mengandung nutrisi yang seimbang dapat menstabilkan gula darah dan zat besi dalam tubuh. Agar tak mudah lelah dan bosan saat menjalani hari. 

Nah berikut ini 5 makanan yang dapat mengembalikan stamina yang dilansir dari berbagai sumber: 

1. Telur

Mengkonsumsi telur jadi salah satu sumber makanan yang kaya akan protein. Protein inilah berfungsi membantu tubuh tetap berenergi. Apa lagi dibagian kuning telur adalah bagian yang paling banyak vitamin dan mineral.

2. Ayam

Jangan telurnya saja yang dikonsumsi. Ayam juga bisa menambah C0Q10, koenzim yang dibutuhkan sebanyak 95 persen energi tubuh. Koenzim disangat diperlukan tubuh untuk organ seperti jantung,hati dan ginjal. Dimana setiap 3 ons daging ayam ternyata mengandung setidaknya 30 miligram energi.

3. Oatmeal dan yogurht

Oatmeal dan yogurt bisa dikonsumsi bersama ataupun salah satunya saja. Dalam 128 gram yogurt mengandung 9 gram karbohidrat, 23 gram protein yang akan menghasilkan 166 kalori sedangkan oatmeal merupakam karbohidrat alami yang mana mengandung zat dalam meningkat energi seperti kalsium,serat dan protein.  Apa lagi oatmeal dikonsumsi bersama dengan yogurt dapat mengatasi rasa lapar dan kenyang lebih lama sehingga menjadi tambahan energi di dalam tubuh

4.Sayuran Hijau

Lengkapi asupan makanan dengan mengkonsumsi sayuran seperti bayam, sawi, brokoli juga kacang panjang. Pernah melihat kartun popeye kan? yang memakan bayam agar lebih kuat. Bayam memang kaya magnesium, mineral yang diperlukan tubuh  ldalam proses energi apalagi jenis sayuran hijau lainnya merupakan sumber nitrat untuk meningkatkan fungsi otot jadi lebih baik.

Anda bisa memilih salah satunya untuk dikonsumsi atau menggabungkan 2-3  jenis sayuran hijau. 

5.Rumput laut dan kerang

Rumput laut mengandung yodium dan mineral sebagai energi dalam tubuh. Apalagi mengkonsumsi kerang yang mengandung vitamin B12 yang berfungsi mengubah makanan yang dikonsumsi menjadi energi.

Laporan: Firah UINAM