Efektifkah Dosis ke-4 Vaksin Covid-19?

Ilustrasi vaksin booster - (foto by: Pixabay)

CELEBESMEDIA.ID, Makassar – Beberapa negara di dunia telah mengizinkan pemberian  dosis keempat vaksin Covid-19 untuk warganya. Lalu seberapa perlu dan efektifkah pemberian booster kedua vaksin Covid-19 ini dapat memberikan perlindungan?

Beberapa waktu lalu, Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit Amerika Serikat (CDC) merekomendasikan kalangan yang memiliki imun lemah untuk mendapat vaksin dosis keempat demi perlindungan optimal terhadap Covid-19.Menurut CDC, tiga dosis vaksin tidak cukup untuk orang dengan sistem kekebalan yang lemah.

Melansir Antaranews, sebeuah penelitian besar di Israel tersebut menemukan bahwa dosis keempat vaksin Pfizer/BioNTech menurunkan tingkat Covid-19 di antara orang tua, tetapi perlindungan terhadap infeksi tidak akan berlangsung lama.

Perlindungan booster kedua terhadap infeksi berkurang setelah empat minggu, para peneliti Israel menunjukkan dalam penelitian mereka di New England Journal of Medicine, sebagaimana dikutip dari Reuters, yang diberitakan Antaranews, Kamis (7/4/2022).

Perlindungan terhadap penyakit parah tidak berkurang selama enam minggu setelah dosis diberikan tetapi studi lebih lanjut diperlukan untuk mengevaluasi perlindungan jangka panjang, kata para peneliti.

Menteri kesehatan Eropa juga mendesak pemerintah kawasan itu untuk mendukung dosis keempat untuk orang di atas 60 tahun

Di Asia, Korea Selatan mulai memberikan dosis keempat vaksin COVID-19 pada Februari dan Singapura mengatakan dosis booster kedua direncanakan untuk mereka yang berusia 80 tahun ke atas. Sementara di Indonesia, Wakil Menteri Kesehatan Dante Saksono menyebut adanya kemungkinan diperlukan vaksinasi dosis ke empat atau booster kedua. Hal ini diungkapkannya pada Februari lalu. Namun penerapan booster kedua atau suntikan ke empat, akan diprioritaskan kepada kelompok yang paling rentan.