Jangan Terobos Banjir, Ini 3 Risikonya

CELEBESMEDIA.ID, Makassar – Menorobos banjir selain membahayakan nyawa, juga berisiko terhadap kendaraan Anda. Karenanya pengguna kendaraan tidak disarankan untuk menerjang banjir.

Disarankan untuk memilih jalur alternative lain meski jaraknya lebih jauh dibanding harus menerobos banjir.

Ada banyak risiko bagi pengguna kendaraan jika nekat menerjang banjir. Mengutip ANTARA, Rabu (11/1/2023), berikut ini 3 risiko yang akan terjadi pada kendaraan jika menerobos banjir.  

1. Water Hammer

Water Hammer merupakan masuknya air ke dalam ruang bakar kendaraan. Water Hammer menjadi risiko yang paling berbahaya.  saat terdampak banjir.

Piston akan rusak, setang piston yang bengkok, sampai pecahanya crankcase yang menjadi pelindung komponen dari benturan dan goresan.

2. Kecelakaan

Sulit membedakaan jalan rata dan berlubang saat banjir. Bahkan selokan di sisi jalan juga kerap tak terlihat. Sehingga sangat berbahaya bagi pengendara menerjang jalan yang tergenang banjir .

Banjir juga membuat kinerja rem menjadi tidak optimal, ditambah visibilitas pengemudi yang terganggu sehingga sangat berpotensi terjadi tabrakan apabila kendaraan di depan Anda berhenti mendadak.

3. Kabin kemasukan air

Pintu tertutup rapat bukan jaminan banjir tidak masuk ke kabin kendaraan Anda. Ada banyak celah yang memungkinkan masuknya air ke kabin

Dampaknya kabin kendaraan Anda akan tidak nyaman. Selain itu panel bodi mobil dapat terkena air kotor. Selain itu membersihkan bahan pada kabin mobil bukanlah perkara mudah.