Keren! Ini 4 Wisata Bola Legendaris di Italia

Juventus Stadium/Allianz Stadium - (foto by: wikipedia.org)

CELEBESMEDIA.ID, Makassar - Sepak bola memang menjadi olahraga kebanggaan penduduk Italia, terbukti dengan banyaknya jumlah stadion di sini: 64. Keberhasilan Italia menghajar Inggris dalam pertandingan sepak bola final Euro 2020 (Euro 2021) didukung oleh kemahiran teknik dan keberuntungan para pemainnya. 

Nah, bagi Anda yang suatu saat ingin bertandang ke Italia, berikut ini empat stadion di Italia yang wajib dikunjungi oleh wisatawan utamanya bagi Anda penggemar sepak bola:

1. Juventus Stadium - Turin

Klub sepak bola Juventus bermarkas di sini. Dibuka pada tahun 2011, Juventus Stadium yang berganti nama menjadi Allianz Stadium pada tahun 2017 sebagai sponsornya, berkapasitas 41.507 kursi. Di luar stadion, terdapat juga J-Museum dan J-Medical. J-Museum berupa museum mengenai sejarah klub sepak bola Juventus dan J-Medical ialah klinik kesehatan yang didedikasikan oleh klub sepak bola ini untuk masyarakat lokalnya.

2. Stadio Olimpico - Roma

Stadio Olimpico "hanya" stadion terbesar kedua di Italia, tapi merupakan yang terbesar di Roma. Dibuka sejak tahun 1932, stadion ini berkapasitas tempat duduk 70 ribu. Struktur yang berdiri di kaki bukit Monte Mario ini adalah rumah dari dua tim rival dalam sepak bola, AS Roma dan SS Lazio.

Pertandingan antara kedua Tim ini berjuluk Derby della Capitale (Derby ibu kota). Kedua tim ibu kota Italia itu saling berhadapan dua kali setahun pada kesempatan derby penting ini. Pertandingan lain di sini yang tiketnya sering laris manis ialah Final Coppa Italia.

3. Stadio San Paolo - Naples (Napoli)

San Paolo adalah stadion terbesar ketiga di Italia dalam hal kapasitas. Dibuka pada tahun 1959, stadion ini berkapasitas 54.726 kursi. Terletak di Naples, stadion yang juga mendapat sebutan Stadio Diego Armando Maradona ini adalah rumah dari klub sepak bola SSC Napoli. Mengutip Idealista.it, nama Diego Maradona diagungkan sebagai nama stadion ini karena telah menjadi simbol tim dan kota Napoli. Sayangnya, undang-undang Italia menolak usulan tersebut, karena sebuah bangunan publik tidak boleh memiliki nama seseorang kecuali dia telah meninggal selama lebih dari sepuluh tahun.

4. San Siro Stadium - Milan

Bernama asli Giuseppe Meazza Stadium, stadion yang dibuka pada tahun 1926 ini merupakan yang terbesar di Italia. Dengan 80.018 kursinya, San Siro Stadium mengambil namanya dari kawasan tempatnya dibangun. Stadion ini menjadi kandang klub sepak bola AC Milan dan Internazionale (Inter Milan), raksasa sepak bola dunia yang mengoleksi banyak trofi kemenangannya. Stadion ini telah menjadi tuan rumah tiga pertandingan di Piala Dunia 1934, enam pertandingan di Piala Dunia 1990, tiga pertandingan di Euro 1980, dan empat final Piala Eropa, pada tahun 1965, 1970, 2001 dan 2016.

Selain sepak bola, San Siro Stadium juga menjadi lokasi konser musik. Musisi dunia yang pernah tampil di sini antara lain; Bob Marley & The Wailers pada tahun 1980, David Bowie pada tahun 1987, Michael Jackson pada tahun 1997, The Rolling Stones pada tahun 2006, hingga Beyonce dan Jay Z pada tahun 2018.