Tanaman Hias Bukan Sekedar Percantik Ruangan, Ini Manfaat Lainnya

Tanaman hias / foto: Megawati

CELEBESMEDIA.ID Makassar - Tanaman hias dapat menambah estetika ruangan, baik di rumah ataupun di kantor.

Tanaman hias ternyata tidak hanya menambah keindahan ruangan tapi juga memiliki beberapa manfaat lain seperti mendatangkan manfaat kesehatan, kecantikan, dan lingkungan.

Dalam segi kesehatan, tanaman hias dapat mengurangi debu dalam ruangan. Dengan kelembaban yang diciptakannya tanaman hias dapat menyerap debu yang ada dalam ruangan.

Tanaman hias juga dapat mengatasi stress dengan berbagai bentuk keindahannya disertai dengan jumlah oksigen yang banyak menyegarkan pikiran sehingga dapat segar kembali dan stress pun teratasi.

Sedangkan dari segi kecantikan, tanaman hias dapat menghilangkan jerawat dan melembabkan kulit. Tanaman hias apabila diletakkan dalam ruangan akan membuat suhu ruangan menjadi lembab sehingga kulit tidak menjadi kering karena berada di tempat yang lembab.

Tanaman hias juga memiliki manfaat untuk lingkungan seperti mengurangi suara bising. Paslanya, tanaman semak dan rumput bisa meredang bising sebab sifatnya seperti karpet kedap suara. Selain itu, tanaman hias bisa menjadi penyejuk ruangan alami sebab mampu melindungi dari paparan matahari masuk ke ruangan.

Salah satu penjual tanaman hias, Halimah, mengaku beberapa langganannya mencari beberapa tanaman bukan dari segi keindahannya, melainkan karena manfaat tanaman hias tersebut bagi diri dan lingkungannya.

Ada banyak jenis tanaman hias yang dijual oleh Halimah, seperti Anggrek dan Lidah Mertua. Anggrek paling digemari pembeli karena bunganya tergolong indah. Sedangkan Lidah Mertua merupakan tanaman yang menyerap polusi terbanyak.

Untuk harga tanaman hias pun diberi harga bervariasi, sesuai dengan jenis bunganya. Untuk Anggrek misalnya diharga Rp 350.000 per pot, tergantung ukurannya. Sedangkan bunga Lidah Mertua diberi harga mulai Rp 50.000, juga tergantung ukurannya.

Dari menjual tanaman hias ini, Halimah bisa mendapatkan keunguntungan. “Selama menjual tanaman ini, saya bisa mendapat pemasukan hingga Rp 2,5 juta perminggunya, tergantung dari jumlah pembeli," tuturnya.