Murid SDN Sudirman 4 Belajar Seru di Kebun Denassa

CELEBESMEDIA.ID, Makassar - Berbagai cara dilakukan untuk meningkatkan motivasi dan semangat belajar anak didik. Salah satunya metode pembelajaran outing class.

Metode tersebut yang dilakukan SDN Sudirman 4 Makassar. Puluhan murid kelas 4 belajar di Kebun Denassa, Tamallayang, Bontonompo, Gowa, Rabu (4/10) pagi.

Kepala SDN Sudirman 4, Sarwinah menjelaskan kegiatan ini bertujuan agar siswa keluar dari rutinitas belajar yang monoton di dalam kelas.

"Ini juga bisa membuat murid belajar berinteraksi dengan alam secara langsung tidak hanya dengan menulis dan membaca yang bisa membuat murid bosan," tutur Sarwinah.

Di Kebun Denassa, puluhan murid SDN Sudirman 4 ini mempelajari berbagai macam tumbuhan mulai dari karakteristik dan jenis-jenisnya.

Keseruan belajar bertambah saat para murid tersebut dibebaskan menangkap ikan lele di lumpur. Mereka bersaing menangkap ikan.

Meski seragam sekolah yang digunakan kotor terkena lumpur, namun tak menghalangi semangat mereka. Pasalnya, ikan yang ditangkap bisa mereka bawa pulang.

"Hampir setiap hari ada kunjungan siswa dan murid SD untuk outing class. Kebun Denassa ini mulai dibuka pada 2016," ujar pemilik kebun, Daeng Nassa.

Outing Class merupakan program rutin yang digelar SDN Sudirman 4 untuk murid kelas 4 hingga 6.