Worldometer : Kasus Harian Covid-19 RI Tertinggi Ketiga di Dunia

Ilustrasi pandemi covid-19 di seluruh dunia - (foto by pexels)

CELEBESMEDIA.ID, Makassar - Indonesia kembali mencatat rekor penularan Covid-19 harian tertinggi pada hari perdana penerapan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM Darurat) Sabtu (3/7/2021) yakni 27.913 kasus baru.

Dari data ini jumlah infeksi virus corona harian Indonesia menjadi yang tertinggi ketiga di dunia setelah Brasil dan India

Berdasarkan data Worldometer, Brasil dan India masing-masing mencatat 54.556 kasus dan 43.296 kasus Covid-19 baru pada Sabtu (3/7/2021)

Sementara itu, di bawah Indonesia ada Kolombia dan Afrika Selatan yang masing-masing mencatat 26.928 dan 26.485 kasus baru Covid-19 di hari yang sama.

Dari sisi angka kematian harian, Indonesia juga berada di posisi kelima tertinggi di dunia, yakni dengan 493 kasus kematian di atas Afrika Selatan, Meksiko, dan Argentina.

Mengutip CNN, baru-baru ini, Indonesia juga mendeteksi beberapa mutasi baru corona lain seperti varian Kappa.

Gelombang baru corona ini pun memicu tingkat keterisian rumah sakit atau bed occupancy rate (BOR) mencapai lebih dari 90 persen di sejumlah daerah dan menambah beban tenaga kesehatan yang kian terbatas.

Pemerintah Indonesia juga telah resmi mendeklarasikan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Darurat di Pulau Jawa dan Bali beberapa hari lalu yang akan berlangsung sejak 3-20 Juli mendatang.

Berdasarkan kebijakan PPKM Darurat ini, kegiatan masyarakat pun dibatasi di antaranya dengan work from home (WFH) 100 persen, pusat perbelanjaan ditutup total, penutupan tempat ibadah, sekolah daring, hingga pembatasan kegiatan pernikahan maksimal 30 orang.