5 Fakta Menarik Kemenangan Timnas U-23 Indonesia atas Korea Selatan

Wasit Shaun Evans mengartu merah pemain Korsel U-23 - (foto by AFC)

CELEBESMEDIA.ID, Makassar - Ada lima fakta menarik kemenangan Timnas U-23 Indonesia atas Korea Selatan U-23 pada perempat final Piala Asia U-23 2024 Qatar.

Selain menembus semifinal ajang bergengsi tersebut, skuad asuhan Shin Tae-yong selangkah lagi lolos ke Olimpiade 2024 Paris.

Dalam duel perempat final di Stadion Abdullah bin Khalifa, Doha, Jumat (26/4), Indonesia menang lewat adu penalti atas Korsel dengan skor 11-10.

Di semifinal, Garuda Muda tinggal menunggu lawan yakni pemenang laga Uzbekistan U-23 vs Arab Saudi U-23 yang akan bergulir malam ini, Jumat (26/4) di Stadion Internasional Khalifa.

5 Fakta Menarik Korsel vs Indonesia versi CELEBESMEDIA.ID:

1. Rafael Struick Beri Korsel Kebobolan Pertama

Gol indah Rafael Struick dari luar kotak penalti pada menit ke-15  menjadi kebobolan perdana Korea Selatan U-23 di Piala Asia U-23 2024.

Sebelumnya, jala gawang Korsel U-23 yang dikawal Baek Jong-bum tak pernah bergetar sepanjang fase penyisihan grup.

Gawang Jong-bum tak pernah bobol dalam tiga pertandingan kontra China U-23, Uni Emirat Arab (UEA) U-23, dan Jepang U-23.

2. Wasit Ubah 2 Keputusan Lewat Bantuan VAR

Keputusan pertama yang diubah wasit asal Australia, Shaun Evans yakni menganulir gol pertama Korea Selatan U-23 pada menit ke-8 karena terperangkap offside.

Selain itu, Evans juga membatalkan kartu kuning kemudian memberikan kartu merah kepada Lee Young-jun lantaran melakukan pelanggaran berat terhadap Justin Hubner.

3. Pemain dan Pelatih Korsel U-23 Diusir Wasir

Dalam laga kontra Timnas U-23 Indonesia, satu pemain dan pelatih Korsel U-23 diusir wasit. Lee Young-jun lebih dulu diusir, usai melanggar keras Justin Hubner di babak kedua.

Kemudian, wasit Shaun Evans juga mengusir pelatih kepala Korsel U-23 Hwang Sun-hong dari bench pemain akibat melakukan protes berlebihan.

4. Timnas U-23 Indonesia Selangkah Lagi ke Olimpiade 2024

Selain lolos ke babak semifinal, Timnas U-23 Indonesia juga membuka lebar kesempatan melaju ke Olimpiade 2024 Paris setelah menyingkirkan Korsel U-23 di perempat final Piala Asia U-23.

Seperti diketahui, tiga terbaik tim Piala Asia U-23 otomatis mendapatkan tiket ke Olimpiade, sedangkan peringkat keempat harus melewati babak play off Olimpiade melawan Guinea (wakil Afrika).

5. Shin Tae-yong Buat Korsel Absen di Olimpiade 2024

Shin Tae-yong (STY) menjadi dalang gagalnya Korea Selatan U-23 lolos ke Olimpiade 2024 Paris. STY sukses membawa timnya mengalahkan negara kelahirannya tersebut di perempat final Piala Asia U-23 2024.

Absennya Korea Selatan menjadi kali pertama dalam 9 edisi terakhir. Sebelumnyam STY juga pernah membawa Korsel menembus Olimpiade 2016 Rio de Janeiro.