Erick Thohir Mendaftar Jadi Ketua Umum PSSI

CELEBESMEDIA.ID, Makassar - Erick Thohir, pengusaha, pemilik saham sejumlah klub, dan Menteri BUMN, memastikan akan mendaftarkan diri untuk berkompetisi menjadi Ketua Umum PSSI.

Dari grup-grup WhatsApp beredar pemberitahuan bahwa Erick akan mendaftar hari Minggu ini. 

"Selamat pagi teman-teman, just in case belum dapat info. Pak Erick Thohir akan resmi mencalonkan diri menjadi ketua PSSI. Hari ini akan ke GBK Arena (Kantor PSSI) Jam 10.30 bersama Mas Kaesang untuk resmi mendaftar. Silakan meliput..." demikian redaksi pemberitahuan tersebut. 

Sebagai referensi, PSSI hari Minggu (15/2/2023) ini juga menggelar Kongres Biasa di Hotel Sultan, Jakarta. Kongres ini akan menunjuk Komite Pemilihan dan Komite Banding Pemilihan, terkait penyelenggaraan Kongres Luar Biasa (KLB). 

KLB PSSI akan digelar pada 16 Februari 2023. Agenda utama KLB memilih ulang Ketua Umum yang saat ini dijabat Mohammad Iriawan. 

KLB itu sendiri digelar terkait tragedi Stadion Kanjuruhan, Malang yang merenggut 135 jiwa. Tim Independen Pencari Fakta merekomendasikan agar PSSI menggelar KLB. 

Hal menarik dari pemberitahuan tentang rencana pendaftaran Erick itu ialah keberadaan Kaesang, putra bungsu Presiden Jokowi, mendampingi Erick. 

Sebagai catatan, sewaktu Kaesang menggelar upacara pernikahannya di Solo, Erick dipercaya keluarga Presiden Jokowi sebagai ketua panitia. 

Di luar kedekatan hubungan itu, Erick dan Kaesang sama-sama pencinta bola. Erick tercatat sebagai pemilik saham sejumlah klub di luar dan dalam negeri. Kaesang sendiri juga pemilik klub Persis Solo. 

Figur Erick mencuat sebagai sosok yang dinilai cocok memimpin PSSI dan membenahi dunia persepakbolaan nasional, bermula sejak akhir tahun 2022 lalu dari kalangan pemilik klub.