Kisah Asnawi Mangkualam Puasa di Korea Selatan

Asnawi Mangkualam saat masih berseragam PSM - (foto by Akbar)

CELEBESMEDIA.ID, Makassar - Mantan bek PSM Makassar, Asnawi Mangkualam Bahar tetap berpuasa meskipun jadwal latihan bersama Ansan Greeners sangat padat.

Klub Liga 2 Korea Selatan itu latihan pagi dan sore setiap hari. Selain itu, Asnawi juga harus menjalani puasa selama 15 jam 55 menit di Ansan, Korea Selatan, lebih lama 2 jam dari jadwal puasa di Indonesia.

"Iya Alhamdulillah puasa. Kayaknya sih lebih panjang di sini," kata Asnawi dikutip CELEBESMEDIA.ID dari CNN Indonesia, Selasa (20/4/2021).

"Intinya saya selalu berusaha menjalankan puasa setiap hari, mau itu sanggup atau enggak, saya pasti bangun sahur setiap hari. Saya akan sesuaikan sanggup atau tidaknya di latihan karena di sini jadwal latihannya pagi dan sore," tambahnya.

"Tapi kalau selasai latihan saya merasa masih sanggup, saya tetap puasa dan Alhamdulillah sampai saat ini saya masih menjalankan walaupun latihannya pagi," ujarnya.

Punggawa Timnas U-23 tersebut harus mandiri dalam menyiapkan menu makanan sahur dan buka. Ia mengaku telah membekali diri dengan keahlian memasak.

"Makan, ya masak sendiri. Masakannya macam-macam tergantung selera saja sih. Seperti ikan bakar, masak sup, terus masak daging. Yang simpel-simpel saja," terang Asnawi.

"Memang sudah bisa masak sih. Tapi kalau ada yang kurang saya telepon mama," tutup Asnawi yang merupakan putra dari asisten pelatih PSM, Bahar Muharram.