Nasib Timnas Indonesia di Piala AFF 2018 Ditentukan Laga Thailand vs Filipina

Pemain timnas Indonesia, Evan Dimas, berebut bola dengan pemain Timnas Thailand dalam penyisihan Grup B Piala AFF, 17 November 2018. (Foto: Thananuwat Srirasant/Lagardere Sport)

CELEBESMEDIA.ID, JakartaTimnas Indonesia masih memiliki asa untuk bisa lolos ke babak semifinal Piala AFF 2018, meski itu sangat tipis. Anak asuh Bima Sakti berada di posisi tiga klasemen sementara Grup B dengan 3 poin. Di posisi pertama ditempat Thailand (6 poin) lalu Filipina (6 poin).

Nasib Evan Dimas dkk masih menyisahkan satu lagi laga yaitu menjamu Filipina di Stadion Geloba Bung Karno, Minggu (25/11/2018) nanti. Namun, nasib Timnas Indonesia di Piala AFF 2018 akan ditentukan melalui pertandingan antara Filipina antara Thailand di Stadion Panaad, Bacolod, Rabu (21/11/2018) malam besok.

Jika Filipina mampu menahan imbang Thailand, apalagi sampai menang, maka Indonesia dipastikan tersingkir. Karena meski menang besar, Timnas Indonesia tidak  bisa lagi mengejar raihan poin Thailand dan Filipina. Sehingga laga pada 25 November nanti tak berarti lagi.

Karena itu, Indonesia berharap agar Thailand mampu mengalahkan Filipina. Dengan demikian, Timnas Indonesia berupaya untuk menang besar saat menjamu Filipina di laga akhir agar bisa unggul aggregat untuk memastikan tiket ke semifinal.

Pelatih Timnas Indonesia, Bima Sakti, mengatakan timnas Thailand akan memberi “bantuan” untuk Garuda Indonesias dengan mengalahkan Filipina. Bima  menilai, Adisak Kraisorn dkk merupakan pemain yang sangat sportif.

"Saya pikir mereka akan berjuang dan kami berharap meraka bisa memenangi pertandingan (melawan Filipina), sehingga peluang kami masih terbuka di laga hari Minggu (melawan Filipina)," kata Bima Sakti usai mendampingi Timnas Indonesia latihan di Lapangan C Senayan seperti dilansir dari CNN Indonesia, Selasa (20/11/2018).

Terkait kondisi tim jelang melawan Filipina, Bima mengatakan hampir seluruh skuatnya dalam kondisi terbaik. Bima memastikan gawang Garuda Indonesia akan dikawal Andritany Ardhiyasa.

“Andritany sangat bagus di latihan tadi dan dia siap untuk pertandingan besok (lawan Filipina)," ucap Bima.