5 Tips Tetap Sehat Saat Puncak Musim Hujan

Ilustrasi - (foto by pixabay)

CELEBESMEDIA.ID, Makassar - Sebagian wilayah di Indonesia telah memasuki puncak musim hujan, termasuk di Makassar. 

Badan Metereologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) wilayah IV mengatakan musim hujan di Makassar sudah berlangsung sejak akhir November 2023 lalu. Namun puncaknya baru terjadi pertengahan Januari hingga Februari 2024.

Saat musim hujan ada berbagai.macam penyakit yang mudah menyerang tubuh diantaranya diare, malaria, demam berdarah hingga flu dan pilek. 

Ada baiknya untuk menjadi kesehatan tubuh untuk meminimalisir adanya potensi paparan penyakit penyerta hujan yang akan menyerang tubuh.

Mengutip laman resmi Kementerian Kesehatan (Kemenkes) RI, Minggu (21/1), berikut ini 5 tips agar tetap sehat saat puncak musim hujan.

1. Makan makanan bersih dan bergizi 

Agar tidak mudah terjangkit penyakit sebaiknya mengonsumsi makanan yang bersih, sehat dan bergizi. Hal ini juga dapat menjaga daya tahan tubuh.

2. Kurangi menyentuh wajah

Saat musim hujan, biasanya tangan akan lebih mudah kotor. Ingat meminimalisir menyentuh wajah menggunakan tangan yang kotor. 

Menyentuh wajah dengan tangan kotor dapat lebih memudahkan virus menyerang tubuh dengan masuk ke rongga hidung atau mulut.

3. Jauhi air yang kotor

Menghindarkan diri dari air kotor atau kubangan yang terbentuk akibat hujan, karena dapat memicu penyakit influenza, infeksi jamur pada kulit hingga kolera.

4. Bersihkan rumah

 Rutin membersihkan rumah, saluran air, selokan, hingga tempat-tempat lain yang berpotensi menjadi tempat perkembangan nyamuk.

5. Rajin cuci tangan

Rutin mencuci tangan menggunakan sabun atau Hand Sanitizer untuk meminimalisir infeksi virus dan bakteri yang terbawa oleh telapak tangan yang kotor.