Gaun Ikonik Putri Diana Terjual Rp17,8 Miliar

Gaun malam Putri Diana terjual Rp17,8 miliar di pelelangan Hollywood - (foto by Instagram/juliens_auctions)

CELEBESMEDIA.ID, Makassar - Gaun malam ikonik milik Putri Diana terjual lelang di Hollywood seharga hampir 1,15 juta dolar AS (atau sekitar Rp 17,8 miliar). Harga ini 11 kali lebih mahal dari taksiran harga semeatinya yakni 100.000 dolar AS.

Katalog menggambarkannya sebagai “gaun malam panjang balerina yang indah dan romantis”.

Dikutip dari laman The Guardian, yang diberitakan Antara, Selasa (19/12), gaun ini digunakan Putri Diana sewaktu makan malam di Palazzo Vecchio di Florence saat melakukan tur kerajaan bersama suaminya, Charles, yang diselenggarakan oleh walikota Florence pada bulan April 1985.

Diana juga pernah memakai gaun ini sekali lagi di Vancouver Symphony Orchestra pada tahun 1986.

Gaunnya memadukan warna biru dan hitam dengan aksen balerina beludru. Perancang gaun itu yakni desainer Maroko-Inggris Jacques Azagury.

Ada bantalan bahu empuk di gaun itu. Dilengkapi korset beludru hitam dengan sulaman bintang menggunakan benang metalik yang terbuat dari kain Jakob Schlaepfer dengan rok organza dua tingkat biru royal dengan selempang dan pita.

Gaun itu dijual di sebuah acara pada Minggu malam bertajuk Julien's Auctions dan Turner Classic Movies Present: Hollywood Legends.

Gaun tersebut kini menjadi gaun termahal yang dikenakan mendiang anggota kerajaan yang dijual di lelang. 

Sebelumnya gaun termahal yakni gaun beludru tahun 1991 karya Victor Edelstein, terjual 604.800 dolar AS pada bulan Januari.

Belum diketahui identitas pembeli gaun Azagury yang dilengkapi ilustrasi senada.