BMKG Prediksi Hujan Lebat Diserta Petir Landa Sulsel pada 20-23 Januari

Prakiraan cuaca BMKG - (foto by BMKG.go.id)

CELEBESMEDIA.ID, Makassar - Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) memprediksi sejumlah daerah di Indonesia, termasuk Sulawesi Selatan akan diguyur hujan lebat disertai petir pada 20-23 Januari 2020.

Dilansir CELEBESMEDIA.ID dari laman resmi BMKG, Senin (20/1/2020), sirkulasi siklonik di sekitar Selat Karimata masih teridentifikasi aktif dan menyebabkan terbentuknya pola konvergensi serta belokan angin yang dapat meningkatkan potensi pertumbuhan awan hujan di sebagian wilayah Indonesia bagian barat.

Tingkat labilitas udara yang signifikan juga cukup berkontribusi pada peningkatan pertumbuhan awan hujan di sebagian Sumatera, Jawa, Kalimantan, Sulawesi, dan Papua.

Masyarakat diimbau agar tetap waspada dan berhati-hati terhadap dampak yang dapat ditimbulkan seperti banjir, tanah longsor, banjir bandang, genangan, angin kencang, pohon tumbang, dan jalan licin. Selain itu, kepada masyarakat yang tinggal dan beraktivitas di pesisir sekitar area yang berpeluang terjadi gelombang tinggi diimbau agar selalu waspada.

Hujan lebat yang dapat disertai kilat/petir berpotensi terjadi wilayah sebagai berikut:

Periode 20-23 Januari 2020:

Aceh

Sumatera Utara

Sumatera Barat

Riau

Kep. Riau

Jambi

Bengkulu

Bangka Belitung

Sumatera Selatan

Lampung

DKI Jakarta

Jawa Barat

Jawa Tengah

Jawa Timur

Bali

Kalimantan Barat

Kalimantan Tengah

Kalimantan Selatan

Sulawesi Barat

Sulawesi Tengah

Sulawesi Selatan

Sulawesi Tenggara

Papua