Waspada Kebakaran Akibat Korsleting Listrik, Damkar Makassar Himbau Warga Tidak Pakai Colokan Paralel

Kebakaran di sebuah ruko di Jalan Titang, beberapa waktu lalu. Kebakaran ini akibat korsleting listrik / foto: dok Damkar

CELEBESMEDIA.ID, Makassar - Memasuki tahun 2020, warga Kota Makassar disambut dengan musim hujan. Selain itu, kasus kebakaran juga makin sering terjadi.

Hingga 11 Januari 2020 ini, telah terjadi kabakaran di 2 titik lokasi yang berbeda yakni ruko berlantai 2 di Jalan Titang, Kelurahan Barana, Kecamatan Makassar, serta di Jalan Bontoduri, Kkelurahan Pa’baeng-baeng, Kecamatan Tamalate. Kedua musibah kebakaran tersebut diketahui akibat korsleting atau arus pendek listrik.

Komandan Kompi B Dinas Pemadam Kebakaran Kota Makassar, Rustam Jufri, menghimbau kepada masyarakat agar melakukan membersihkan salarun air supaya tidak tersumbat yang dapat memicu korsleting listrik.

Selain itu, Rustam juga mengingatkan warga agar memperhatikan instalasi listrik. “Jangan pakai colokan listrik secara paraler pada alat elektronik yang bertegangan tinggi,” katanya.

Rustam juga meminta agar warga tanggap bencana dengan menyediakan alat pemadam api ringan (APAR) dan karung basah di dalam rumah.

Ia mengharapkan agar warga Makassar lebih berhati-hati dalam menggunakan listrik saat musim hujan karena rawan terjadi korlseting listrik yang dapat menimbulkan kebakaran.