Kadin Sulsel Tawarkan Kerjasama Sektor Pertanian ke Kroasia

CELEBESMEDIA.ID, Makassar - Duta Besar Republik Kroasia, Nebojsa Koharovic bersama Konsul Kehormatan Kroasia untuk Indonesia Timur di Makassar, Munafri Arifuddin membahas sejumlah peluang kerjasama perdagangan internasional dengan Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Sulawesi Selatan, Rabu (10/11/2021).

Ketua Kadin Sulawesi Selatan, Andi Iwan Darmawan Aras menyebut, Sulsel merupakan daerah agraria dengan hasil bumi yang melimpah baik pertambangan maupun hasil pertanian. 

"Dua sektor ini kemudian berpeluang untuk dikerjasamakan dengan Kroasia," kata Andi Iwan.

Namun demikian, Kroasia merupakan negara yang konsen mendukung keberlanjutan lingkungan, sehingga pertambangan tidak menarik bagi negara pecahan Yugoslavia itu.

"Bahwa saat ini tidak ada resource untuk tambang, sehingga paling potensial memang sektor pertanian," tambah Iwan.

Iwan menambahkan, saat ini belum ada kerjasama dibidang perdagangan apapun dengan Kroasia. Sehingga, pihaknya belum bisa memastikan komoditas yang bisa diekspor ke negara tersebut.

"Kita akan melist dulu, komunikasi dulu baik dengan Dubes ataupun Konsul Kehormatannya di sini. Nanti dari sana, bisa di mapping, komoditas unggulan apa yang bisa kita kerjasamakan dalam hal perdagangan internasional," ungkapnya.

Sementara Dubes Nebojsa menyebut, pihaknya terbuka untuk sejumlah peluang kerjasama. Ia berharap, pertemuan tersebut tidak hanya sebatas jajak kerjsama saja. Tetapi, ada tindak lanjut yang lebih konkret.

"Kita terbuka dan semua potensi bisa dikerjasamakan. Terutama pariwisata dan ekonomi," tandas Nebojsa.