Mantan Bupati Sinjai Rudianto Asapa Meninggal di Mekkah

Andi Rudianto Asapa - (int)

CELEBESMEDIA.ID, Makassar – Innalillah, Mantan Bupati Sinjai Sulawesi Selatan dua periode, Andi Rudianto Asapa meninggal dunia. Kabar duka tersebut dibenarkan Kepala Dinas Kesehatan Sinjai, dr Emmy Kartahara Malik.

“ Iye (betul Pak Rudianto meninggal dunia). Iya saya juga liat dari grup-grup OPD (Organisasi Perangkat Daerah),” ucap dr Emmy saat dikonfirmasi CELEBESMEDIA, Senin (30/5/2022).

Ia pun membenarkan Rudianto Asapa  meninggal dunia di Mekkah setelah sempat mendapatkan perawatan karena sakit sekitar 3 minggu di sana.

“Ke Mekkah tanggal 5 Mei pergi Umroh, sakitnya kurang lebih 3 minggu. Sakit di sana,begitu infonya,” lanjutnya.

Meski demikian belum diketahui pasti penyebab politikus Partai Gerindra ini tutup usia.

“Saya belum tahu jelasnya, sakit apa dia,” katanya.

Dikabarkan saat ini kerabat sudah berkumpul di rumah duka di Bumi Serpong damai (BSD) Jakarta, meski demikian belum bisa dipastikan apakah jenazah akan dibawa ke Jakarta atau dimakamkan di Mekkah.

“Bupati (Sinjai/ anak Rudianto Asapa) sekarang ada di Jakarta. Saya kebutulan ada di Jakarat ada pertemuan di Jakarta. Baru mau ke rumah duka di BSD. Tapi saya tidak tahu bagaimana, apakah (jenazah)dibawa ke sini atau dikebumikan di sana (Mekkah),” tandasnya.  

Rudianto Asapa meninggal di Mekkah dalam usianya 65 tahun. Suami dr. Felicitas Tallulembang ini sebelum terjun ke dunia politik, dulunya merupakan seseorang pengacara.  Hingga akhirnya terjun ke dunia politik dan menjabat sebagai Bupati Sinjai pada periode yakni 2003—2008 dan 2008—2013. Ia juga pernah maju dalam Pilgub Sulsel sebagai Calon Gubernur di tahun 2013 lalu berpasangan dengan mantan Bupati Pinrang Andi Nawir.