Amphuri Sulampua Minta Maskapai Buka Rute Penerbangan Haji Makassar-Jeddah

Ketua DPD Amphuri Sulampua, Muhammad Azhar Gazali (kanan) - (foto by ria)

CELEBESMEDIA.ID, Makassar - Asosiasi Muslim Penyelenggara Haji dan Umrah Republik Indonesia (AMPHURI) wilayah Sulawesi, Maluku dan Papua (Sulampua) meminta agar maskapai membuka jalur penerbangan langsung dari Makassar menuju Jeddah. Hal ini terkait potensi jumlah jamaah umrah asal Sulawesi Selatan yang semakin meningkat tiap tahun.

Ketua DPD Amphuri Sulampua, Muhammad Azhar Gazali ditemui CELEBESMEDIA.ID, Senin (24/2/2020) mengatakan, jumlah permintaan jamaah untuk melakukan ibadah umrah tiap bulannya sangat besar, bahkan jumlahnya bisa mencapai 4 ribu sampai 5 ribu jamaah.

“Ya kami minta agar airlines (maskapai penerbangan, red) melirik Kota Makassar untuk membuka penerbangan langsung dari Makassar ke Jeddah karena jumlah jamaah umrah itu semakin meningkat,” katanya.

Azhar menjelaskan jika untuk saat ini baru satu maskapai yang melayani penerbangan langsung dari Makassar ke Jeddah, Arab Saudi. Hal itu pun sangat jauh dengan permintaan jamaah, dimana untuk kursi ibadah umrah sudah penuh sampai April atau tepat ketika bulan suci Ramadan.

“Maskapai penerbangan langsungkan hanya mampu menampung 1200 jamaah perminggu saja. Dan seminggu hanya bisa terbang 3 kali saja, sangat jauh dengan permintaan jamaah yang mencapai 5000 perbulannya,” jelasnya.

“Oleh karenanya saya harap ada terobosan baru dari airlines agar jamaah umrah bisa menikmati ibadahnya tanpa perlu harus transit di Jakarta lagi. Karena kita ketahui di sana itu, harus menunggu waktu hingga berjam-jam,” sambungnya.

Dengan adanya terobosan baru tersebut, lanjut Azhar, jamaah umrah bisa mendapatkan banyak manfaat terutama efisiensi waktu. Hal ini pun akan meningkatkan minat calon jamaah haji atau umrah asal kota Makassar dan sekitarnya untuk pergi ke Tanah Suci. 

“Sampai saat ini sudah ada satu maskapai yang mengontak untuk realisasi penerbangan langsung, tapi masih pada musim umrah di bulan September,” terangnya.