40 Persen Dana Pilgub Sulsel Dianggarkan Tahun Ini

CELEBESMEDIA. ID, Makassar- Anggota Badan Anggaran (Banggar)  DPRD Provinsi Sulawesi Selatan (Sulsel)  Usman Lonta mengungkapkan anggaran pemilihan Gubernur (Pilgub) Sulsel  tahun 2024 disiapkan sebanyak Rp408 miliar.

Jumlah ini sesuai dengan yang telah disepakati pada Maret lalu.

Namun untuk tahun ini Usman mengungkapkan baru 40% dana yang akan pada perubahan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah ( APBD)  tahun 2023. Sedangkan 60 persennya akan dianggatkan tahun 2024 nanti.

" Tahun ini rencananya baru dianggarkan sekitar 40% atau sekitar Rp200 Miliar lebih. Dari total anggaran yang dibutuhkan sekitar Rp. 408 Miliar, "bebernya kepada CELEBESMEDIA. ID. Minggu (2/4/2023)

Anggota dari Fraksi Partai Amanat Nasional (PAN) DPRD Sulsel itu mengatakan pembahasan Anggaran Pilgub tidak boleh terlalu dibebankan kepada APBD Pokok sepenuhnya apalagi anggaran Pilgub setiap tahun semakin naik. 

"Anggaran pilgub sebesar Rp408 Miliar bukanlah masalah, hanya saja, tak boleh dibebankan sepenuhnya pada APBD pokok Pemprov Sulsel, bukan persoalan naiknya, Karena dia tidak masuk dalam APBD pokok, dia diperubahan,” pungkasnya. 

Pria kelahiran Jeneponto itu, mengusulkan agar Pemprov Sulsel memangkas beberapa melakukan kegiatan yang tidak terlalu penting.

"Ya saya kira seluruh dinas terkait di lingkup Pemprov Sulsel dapat menghemat anggaran dan tidak melakukan kegiatan yang tidak terlalu penting, " tutupnya. 

Laporan:  Ardi Jaho