Realisasi Pajak Hiburan Pemkot Makassar Jauh dari Target

Husni Mubarak - (foto by Mardianto)

CELEBESMEDIA.ID, Makassar - Realisasi penerimaan pajak hiburan Pemerintah Kota (Pemkot) Makassar yang dikelola Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) Makassar, hingga triwulan keempat berjalan masih sangat jauh dari target realisasi penerimaan 2019.

Hingga awal triwulan keempat tahun ini, Bapenda Makassar baru berhasil menerima Rp 36,8 miliar atau sekitar 47,8 persen, dari total target yang diberikan sebesar Rp 77 miliar.

Dengan demikian, pendapatan Pemkot Makassar dari sektor hiburan defisit hingga Rp 40,1 miliar atau sekitar 52,2 persen dari target yang ada.

“Rendahnya capaian penerimaan pajak hiburan dikarenakan banyaknya objek pajak yang tutup. Selain itu, penetapan target yang diberikan tidak didasarkan atas performa kinerja pendapatan di tahun berjalan saat pembahasan tahun lalu,” jelas Kepala Bidang Hotel dan Hiburan Bapenda Makassar, Husni Mubarak saat ditemui CELEBESMEDIA.ID, Selasa (3/12/2019).

Meski masih jauh dari target, Husni menambahkan, melalui program optimalisasi pendapatan melalui sistem online yang dilakukan oleh Korsupgah KPK, pihaknya optimis pendapatn pajak hiburan hingga akhir tahun ini dapat meningkat hingga 60 persen atau sekitar Rp 40 miliar dari posisi capaian saat ini.