Azhar Gazali Ungkap Rahasia Sukses Bangun Bisnis Travel

CEO Aliyah Wisata H.M. Azhar Gazali dalam CVBW 2023 di Unibos, Kamis (25/5/2023) - foto by Akbar

CELEBESMEDIA.ID, Makassar - Memulai sebuah bisnis tidaklah mudah.  Butuh kemauan sekaligus keberanian untuk mencapai apa yang dicita-citakan.

Hal itulah yang menjadi pondasi H.M. Azhar Gazali dalam membangun bisnisnya  travel dan umrohnya.

Sejak duduk di bangku kuliah H.M. Azhar Gazali telah belajar bagaimana menjadi seorang pengusaha dengan memperluas jaringan pertemanan. 

"Awal mula belajar bisnis itu dari teman, bisnis bidang jasa pelayanan dan keramahtamahan, memulai perjalanan dengan membawa mahasiswa study tour," ucapnya ketika menghadiri Celebes Virtual Business Week 2023, di Kampus Universitas Bosowa (Unibos), Kamis (25/5/2023).

Setelah percaya diri barulah ia berani membangun bisnis sendiri bidang travel dan umroh. Menurutnya kecerdasan tanpa keberanian tidak akan pernah menghasilkan sesuatu.

"Keberanian merupakan kunci kesuksesan seseorang, tanpa keberanian kita tidak akan pernah memiliki sesuatu yang diinginkan," jelasnya.

CEO Aliyah Wisata itu mengungkapkan seorang pengusaha tangguh dilihat pada saat menghadapi suatu cobaan dalam menjalankan bisnis. Bagaimana ia mampu  bertahan meski dalam kondisi terpuruk.

"Sehingga begitu mendapatkan cobaan kita harus cepat bergerak untuk mencari alternatif bisnis lain biar kita bisa survive membiayai diri kita, keluarga kita dan orang yang bekerja dengan kita," bebernya.

Ia menambahkan pebisnis harus bermental kuat, mampu menghadapi tekanan dan mampu keluar dari tekanan, dengan menghadapi secara langsung agar tidak menjadi generasi yang cengeng.

"Harus memiliki semangat dan mental baja yang kuat," tegasnya.

Seorang pengusaha, katanya tidak berorientasi persoalan uang agar terbentuk mindset yang baik dalam sebuah bisnis.

"Selalu memiliki niat berbisnis untuk memenuhi kebutuhan orang supaya memperoleh manfaatnya, tutupnya.

Laporan: Ardi Jaho