Putra Sanusi Baco Ungkap Kedekatan Sang Ayah dengan Ma'ruf Amin

Irfan Sanusi - (foto by Darsil)

CELEBESMEDIA.ID, Makassar - Irfan Sanusi, anak pertama almarhum AGH Sanusi Baco mengaku antusias saat mendapat informasi Wakil Presiden (Wapres) RI, KH Ma'ruf Amin bakal berkunjung ke kediamannya di jalan Kelapa III, Kelurahan Tamamaung, Kecamatan Panakkukang, Kota Makassar, Senin (31/1/2022) sore.

"Suatu kebahagiaan bagi keluarga karena kami tidak pernah bermimpi dan membayangkan bahwa setelah almarhum berpulang, Bapak Wapres Ma'ruf akan bersilaturahim ke putra-putri almarhum," kata Irfan Sanusi kepada CELEBESMEDIA.ID di rumahnya, Jl Kelapa III, Minggu (30/1) malam.

Dia pun mengungkapkan, ini adalah kunjungan pertama yang dilakukan oleh orang nomor dua di Indonesia ini ke kediaman AGH Sanusi Baco.

"(Wapres) baru pertama kali ke sini, sebelumnya Pak JK 2019 saat masih Wapres juga pernah ke sini, Pak Jokowi juga sebelum jadi Presiden minta restu ke Pak Kiyai untuk maju di Pilpres pertama," bebernya.

Selain itu, kata dia, pejabat lainnya yang pernah berkunjung adalah mantan Menteri Pertanian, Andi Amran Sulaiman.

"Kalau yang sering ke sini itu yang sekarang menjabat Menteri Polhukam Pak Mahfud MD dan juga sudah berziarah langsung ke makam (Alm AGH Sanusi Baco) sebelum 40 hari Almarhum," ucapnya.

Irfan juga menceritakan kedekatan sang Ayah dengan KH Ma'ruf Amin bermula pada saat keduanya masih berkecimpung di Majelis Ulama Indonesia (MUI). 

"Almarhum sebagai Ketua MUI kurang lebih empat periode, Pak Wapres juga pernah sebagai Ketum MUI dan juga sama-sama di pengurus besar Nahdlatul Ulama (NU). Saya kira kedekatan Wapres Ma'ruf dengan Almarhum karena sama-sama mengurus MUI," terangnya.

Irfan sangat bersyukur Wapres Ma'ruf bakal berkunjung ke kediamannya. "Terus terang waktu almarhum masih hidup mungkin hampir semua pejabat di Sulsel berkunjung mohon doa restu ke Pak Kiyai apalagi jika ada hajatnya (pasti datang berkunjung minta doa restu)," bebernya.

"Dan setelah (Sanusi Baco) wafat, kami putra-putrinya berpikir bahwa tidak akan ada lagi pejabat yang datang ke kediaman ini. Tapi ternyata Wapres yang datang, itulah barangkali berkah dari silaturahim yang diwasiatkan oleh almarhum," sambungnya.

Irfan mengaku, awalnya Wapres RI bakal ke makam almarhum di Desa Talawe, Kabupaten Maros. Namun belakang diketahui rencana itu batal, dan orang nomor dua di Indonesia itu langsung ke kediaman Alm AGH Sanusi Baco.

Laporan : Darsil Yahya