Masjid Raya Makassar Direnovasi, Ditargetkan Rampung Sebelum Ramadan

Pekerja menyelesaikan renovasi Masjid Raya / foto: Mega

CELEBESMEDIA.ID, MakassarMasjid Raya Makassar sedang direnovasi, terutama di bagian atap yang mulai rapuh. Imam Masjid Raya Makassar, Muhammad Syahril, kepada CELEBESMEDIA.ID, mengatakan bahwa renovasi  dilakukan sesuai dengan kebutuhan masjid, karena atap yang mulai rapuh karena berusia 12 tahun, maka dilakukan perbaikan.

Syahril menambahkan, proses renovasi kali ini berlangsung cukup lama, hampir dua tahun. Hal ini dikarenakan faktor anggaran yang belum mencukupi dan juga cuaca.

"Sebenarnya, renovasi masjid ini hanya ditargetkan 6 bulan. Tapi karena cuaca yang kurang mendukung dan juga faktor dana yang belum tercukupi, sehingga pembangunan sempat terhenti," jelas Syahril saat ditemui di Masjid Raya Makassar, Kamis (7/3/2019).

Syahril menambahkan, anggaran yang dibutuhkan untuk renovas tersebut mencapai Rp 5 miliar. Namun, pada target pertama, dana yang terkumpul sebanyak Rp 1 miliar.

Ia pun mengatakan bahwa pengerjaan itu ditargetkan selesai sebelum Ramadan tahun ini. Karena, Masjid Raya Makassar merupakan salah satu tempat yang selalu diserbu masyarakat untuk melaksanakan Salat Tarawih.

“Kita berusaha rampungnya sebelum Ramadan, sehingga jamaah bisa menjalankan Salat Tarawih dengan lancar dan nyaman,” katanya.