800 Peserta Bakal Hadiri Musrenbang Bapedda Makassar

CELEBESMEDIA.ID, Makassar - Badan Perencanaan dan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kota Makassar bakal menggelar Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) Tahun Anggaran 2024.

Kegiatan mengusung tema "Percepatan Makassar Menuju Resilient City dengan Pertumbuhan yang Inklusif" akan berlangsung di Hotel The Rinra, Kamis (16/3/2023) besok.

Plt. Kepala Bappeda Kota Makassar, Helmi Budiman mengatakan kegiatan ini merupakan tindak lanjut dari arahan Presiden Jokowi yang disampaikan pada saat Rakornas Penanggulangan Bencana (PB).

"Kita dapat arahan dari Presiden untuk memperhatikan kota tangguh makanya kemarin waktu Rakorsus disampaikan resilient city dengan metaverse makanya 2024 selain fokus melaksanakan RPJMD kemudian kita mau masukan semua Rakorsus kemarin makanya kita ambil tema yang sama," ucapnya kepada CELEBESMEDIA.ID, Selasa (15/3/2023) malam.

"Kita berharap itu menjadi semangat kita untuk sama-sama bangkit menjadi kota yang tangguh di 2024," sambungnya.

Helmi menjelaskan, pembahasan pada kegiatan Musrenbang Bappeda Kota Makassar untuk rencana pembagunan 2024.

"Jadi apa yang kita siapkan di APBD kita, apa yang kita rencanakan itu sudah kita siapkan, Musrenbang itu salah satu bagian daripada perencanaan pembangunan," ujarnya.

Termasuk menampung semua usulan warga, mulai pembangunan drainase , pembangunan jalan, aspal, beton atau pavin blok. Kemudian pembangunan rumah sakit atau puskesmas, pos jaga, pemberdayaan masyarakat apakah pelatihan kerja.

"Pokoknya sifatnya untuk pembangunan di Kota Makassar. Jadi ada 2 subtansi. Pembangunan fisik sarana dan prasarana yang ada di kelurahan dan di kecamatan atau pemberdayaan terhadap masyarakat," bebernya.

Lebih lanjut, Helmi mengungkapkan kegiatan besok bakal dihadiri sekitar 800 orang mulai SKPD, internal Bappeda, Lurah, Camat, Kepala SKPD, seluruh Kasubag perencanaan, NGO, LPM, LSM dan juga dari Forkopimda Kota Makassar.

"Tahun lalu kita cuman 500 peserta tahun ini kita betul-betul memastikan Musrenbang ini memberikan dan menyerap aspirasi warga makanya kita mengundang lebih banyak peserta," ungkapnya.

Olehnya itu, ia berharap apa yang dilakukan Bapedda Kota Makassar umtuk tahun 2024 betul-betul bisa menyerap secara maksimal aspirasi warga, tidak hanya dari tingkat kelurahan tapi juga tingkat kecamatan hingga kota.

"Kita berharap meskipun anggaran kita sedikit tapi dengan anggaran yang ada betul-betul kita bisa memaksimalkan untuk pembangunan kita di Kota Makassar," tutupnya.

Laporan : Darsil Yahya