Perkuat Imun! Ini 5 Olahraga Cocok Dilakukan saat Musim Hujan

Ilustrasi - (foto by Freepik)

CELEBESMEDIA.ID, Makassar - Musim hujan bukan alasan untuk tidak berolahraga. Justru okahraga penting dilakukan secara rutin di musim hujan untuk menjaga imun tubuh agar tidak mudah terserang penyakit.

Namun sebagian orang kesulitan memilih jenis olahraga yang bisa dilakuakn akrena terkendala hujan.

Mengutip laman kesehatan halodoc, Minggu (29/1), berikut ini 5 jenis olahraga yang cocok dilakukan saat musim hujan.

1. Yoga dan pilates

Olahraga ini dapat dilakukan di dalam ruangan. Yoga dan pilates menggabungkan gerakan tubuh dan meditasi untuk meningkatkan keseimbangan, kelenturan badan, kekuatan otot, dan kesehatan tubuh secara menyeluruh. 

2. Latihan kekuatan otot

Latihan kekuatan dapat meningkatkan massa otot, kepadatan tulang.  memperbaiki postur tubuh, dan memperbaiki mood.

Ada berbagai jenis latihan kekuatan yang bisa kamu lakukan di rumah sebagai olahraga saat musim hujan, mulai dari push-up, sit-up, plank, squat, hingga angkat beban dengan dumbbell.

3. Senam aerobi

Senam aerobik merupakan jenis olahraga yang dapat dilakukan di dalam ruangan sehingga cocok saat musim hujan.

Aerobik bermanfaat untuk meningkatkan kerja jantung dan paru-paru dalam mengalirkan oksigen ke seluruh tubuh.

4. Lari menggunakan treadmill

Jika Amda ibgin lari namun hujan, maka lakukan di dalam ruangan dengan menggunakan treadmill. Mesin latihan treadmill bisa menjadi alternatif bagi kamu yang ingin tetap berolahraga lari saat musim hujan. 

Rutin lari dengan treadmill  20–30 menit sehari bermanfaat meningkatkan energi, mengurangi stres, meningkatkan sistem kekebalan tubuh, serta menguatkan otot.

5. Lompat tali

Lompat tali atau skipping bisa berfungsi untuk membentuk otot tubuh bagian atas dan bawah. Olahraga ini juga dapat melatih koordinasi tubuh, meningkatkan kesehatan jantung, dan meningkatkan ketahanan tubuh saat berolahraga.