Ini yang Dilakukan Dinas PU Makassar untuk Antisipasi Banjir

BTN Kodam 3, Katimbang, Biringkanaya, Makassar, terendam banjir, Sabtu (29/12/2018) - (foto by Wahyu)

CELEBESMEDIA.ID, Makassar - Berbagai cara disiapkan Dinas Pekerjaan Umum (DPU) Makassar untuk mengatasi banjir di musim penghujan tahun ini. Diantaranya mengoptimalkan tiga sektor, yakni pembangunan saluran drainase, rehabilitasi saluran dreinase serta pengendalian genangan.

Kepala Bidang Pengelolaan Sumber Daya Air dan Drainase DPU Makassar, Fuad Azis, mengatakan salah satu pencegahan untuk bisa berfungsinya saluran drainase dengan melakukan penutupan plat saluran drainase, serta menggunakan saluran tertutup untuk menghindari buangan sampah yang tidak disengaja.

“Kami juga melaksanakan program pengendalian genangan dengan fokus pengerukan sedimentasi, pemeliharaan kanal, pemeliharaan pintu air dan penguatan sosial melalui gerakan saluran bersih drainese,” tegas Fuad Azis kepada CELEBESMEDIA.ID, Jumat (8/11/2019).

Fuad menambahkan, untuk pengendalian genangan, 480 personel satuan tugas (satgas) telah disiapkan untuk pengerukan sedimentasi di tiap kecamatan. Satgas ini telah melakukan pengerukan sedimentasi jauh hari sebelum musim hujan, guna memantau proses pengaliran dan pembersihan infrastruktur drainase kota Makassar.