Jelang Musim Hujan, DPU Makassar Tambah Personel Satgas Drainase

Fuad Azis - (foto by Mardi)

CELEBESMEDIA.ID, Makassar - Dinas Pekerjaan Umum (DPU) Makassar menambah jumlah satuan tugas (Satgas) drainase jelang memasuki musim hujan tahun ini.

Satgas ini nantinya akan terbagi dalam dua kelompok, yakni satgas khusus yang akan bertugas pada saluran air gedung - gedung milik pemerintah, dan tim anti genangan yang akan bertugas menyebar di kecamatan.

Kepala Bidang Pengelolaan Drainase dan Sumber Daya Air DPU Makassar, Fuad Azis, mengatakan untuk satgas khusus pihaknya menambah jumlah personel dari 27 menjadi 46 orang.

“Dari hasil pemantuan kami di lapangan, ada beberapa wilayah yang masuk dalam kategori daerah rawan genangan dan banjir, yaknikecamatan Rappocini, Ujung Tanah, Biringkanaya, Tamalanrea dan Makassar,” tegasnya saat ditemui CELEBESMEDIA.ID, Kamis (31/10/2019).

Fuad menambahkan, sejumlah rencana aksi pengendalian genangan di daerah rawan juga telah disiapkan Dinas PU untuk mengantisipasi luapan yang parah akibat tidak lancarnya saluran pembuangan. Diantaranya, pengerukan sedimentasi, gerakan bersih saluran drainase, pembangunan pintu air dan menggalakkan gerakan partisipasi warga.