Usai Bawang dan Tomat, Giliran Harga Cabai Merah Melonjak

CELEBESMEDIA.ID, Makassar - Berbeda dengan harga beberapa pangan seperti tomat dan bawang yang sudah mulai normal, harga cabai merah besar justru melonjak pekan ini.

Harga Cabai Merah Besar berdasarkan hasil pantauan di Pasar Pa'baeng-baeng Makassar, Minggu (28/4) kini menembus angka Rp25.000 per kilogram. Harga ini naik Rp10.000 dari harga normal.

"Kalau sekarang itu harga lombok besar lagi yang naik. Dulu itu Rp15.000 ji per kilogramnya, sekarang naik jadi Rp25.000, naiki Rp10.000 dari harga biasanya, " ungkap salah satu pedagang, Hajja Darni kepada CELEBESMEDIA.

Naiknya harga cabai besar ini sudah terjadi peka lalu.

Fluktuatifnya sejumlah komoditas pangan dikeluhan warga yang berbelanja di pasar. Pasalnya harga sejumlah pangan belum konsisten di harga normal. 

"Kemarin-kemarin itu tomat sama bawang yang naik harganya. Eh sekalinya turun harga bawang, harga cabai lagi naik, nah ini semua hampir setiap hari dipakai masak. Tidak tahu juga kenapa ganti-gantian naik harganya barang-barang," tutur salah seorang warga, Marni yang sedang berbelanja di Pasar Pa'baeng-baeng.

Meski harga cabai merah besar naik, namun cabai rawit menurut Hajja Darni masih konsisten diharga Rp35.000 per kilogram. 

Selain cabai merah besar, harga daun bawang juga sedang melambung. Harga daun bawang yang biasanya dibanderol di angka Rp28.000 kini menembus angka Rp35.000 per kilogram. Harga ini mengalami lonjakan Rp7.000 dari harga normal.

Laporan: Riski