Kunjungan Wisatawan Mancanegara di Sulsel Menurun

BPS Provinsi Sulawesi Selatan.

CELEBESMEDIA.ID, Makassar - Berdasarkan data dari Badan Pusat Statistik Provinsi Sulawesi Selatan, jumlah kunjungan wisatawan mancanegara (wisman) yang masuk di Sulawesi Selatan, akhir-akhir ini cenderung mengalami penurunan.

Dari hasil pantauan CELEBESMEDIA.ID, Kamis (22/11/2018), data tersebut menyebutkan jumlah wisman yang datang melalui pintu masuk Makassar pada Juli 2018 mencapai 1.566 kunjungan.

Jumlah wisman tersebut naik sebesar 28,78 persen jika dibandingkan dengan jumlah wisman pada bulan Juni 2018 yang mencapai 1.216 kunjungan.

Sementara itu, jika dibandingkan dengan Juli 2017 maka terjadi penurunan sebesar 26,55 persen dimana jumlah kunjungan Juli 2017 sebesar 2.132 kunjungan.

Namun hal itu ditanggapi biasa, oleh Ketua Asosiasi Biro Perjalanan Wisata Indonesia (ASITA), Didi Leonardo Manaba. Menurutnya capaian kunjungan wisman memang fluktuatif atau naik turun lantaran perbedaan musim.

"Penurunan ini hanya persoalan musim yang berbeda dengan kita, tapi kita targetkan di waktu-waktu tertentu seperti saat Natal nanti akan alami peningkatan signifikan," ungkapnya via Whatsapp.

Tags :