Iran: Konflik Timur Tengah Berakhir Jika Israel Stop Serang Palestina

Tentara Israel mengambil posisi di kompleks Masjid Al-Aqsa, Yerusalem, 11 Agustus 2019 - ( foto by: ANTARA/Anadolu)

CELEBESMEDIA.ID, Makassar - Iran menegaskan ketegangan di Timur Tengah saat ini dapat diselesaikan jika Israel menghentikan operasi militer terhadap Palestina.

Hal ini dikemukakan Duta Besar Iran untuk Moskow Kazem Jalali.

“Alasan utama berlanjutnya krisis di kawasan ini adalah kejahatan rezim Zionis (Israel) terhadap penduduk sipil, terutama terhadap perempuan dan anak-anak di Gaza,” kata Dubes Jalali  sebagaimana yang dilaporkan Sputnik mengutip Antara, Jumat (19/4/2024).

Ia mengataka kunci untuk menyelesaikan krisis saat ini yakni dengan mengakhiri genosida terhadap warga Palestina. 

Pada 1 April, Israel melancarkan serangan udara terhadap gedung konsuler Kedutaan Besar Iran di Damaskus, menghancurkan gedung tersebut. Korps Pengawal Revolusi Islam (IRGC) Iran mengatakan tujuh anggotanya tewas dalam serangan itu, termasuk dua komandannya.

Pada tanggal 2 April, Kementerian Kesehatan Suriah mengatakan bahwa serangan itu juga telah menewaskan empat warga Suriah dan melukai 13 lainnya.

Kemudian pada 13 April, IRGC Iran meluncurkan lebih dari 300 drone dan rudal ke Israel dalam serangan langsung pertamanya di wilayah Israel, menurut data Pasukan Pertahanan Israel (IDF).

Juru bicara IDF Daniel Hagari mengatakan bahwa Israel telah mencegat 99 persen target udara yang ditembakkan Iran, termasuk semua drone. Televisi pemerintah Iran mengatakan semua rudal hipersonik mencapai sasarannya.

Sumber : Sputnik / Antara