Berstandar FIFA, Stadion Sudiang Mulai Dibangun November 2024

Ilustrasi Stadion Sudiang - (foto by Kemenpupr)

CELEBESMEDIA.ID, Makassar - Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) melalui Balai Prasarana Permukiman Wilayah (BPPW) Sulawesi Selatan Direktorat Jenderal (Ditjen) Cipta Karya siapkan rencana dibangunnya Stadion Sepakbola Sudiang, di Makassar, yang bertaraf internasional atau berstandar FIFA.

Rencana pembangunan Stadion Sudiang merupakan tindak lanjut atas kunjungan Presiden RI ke Sulawesi Selatan pada 15 September 2023.

Selanjutnya Pj Gubernur Sulawesi Selatan Bahtiar Baharuddin telah mengajukan surat kepada Menteri PUPR pada 25 Maret untuk memohon dukungan pembiayaan pembangunan Stadion Sudiang.

Untuk mendukung hal tersebut, Kementerian PUPR akan mempercepat penyusunan dokumen Readiness Criteria (RC) antara lain melalui penyusunan Detail Engineering Design (DED) dan bekerja sama dengan Pemprov Sulsel dan Pemkot Makassar dalam penyiapan Amdal Andalalin.

“Pekerjaan fisik ditargetkan dimulai pada November 2024 secara multiyears contract (MYC),” bunyi pengumuman @kemenpupr di Instagram, Kamis (25/4).

Berdasarkan peninjauan lokasi lahan pembangunan stadion, masih ada beberapa hal yang masih harus diperhatikan.

Diantaranya lokasi lahan yang dekat dengan Bandara Sultan Hasanuddin, drainase di sekitar lokasi, dan juga akses jalan menuju stadion harus sesuai dengan standar FIFA.

Hal ini dikarenakan Sertifikat Laik Fungsi (SLF) yang dikeluarkan oleh FIFA mencakup kelaikan fungsi stadion dan juga akses jalan menuju stadion itu sendiri.