Pengamat: Pemerintah Harus Tegas Terhadap Parkir Liar

Sejumlah kendaraan terparkir di bahu jalan /foto: Sigit

CELEBESMEDIA.ID, Makassar - Tata parkir di Kota Makassar hingga saat ini masih menjadi problematika yang belum juga terselesaikan. Parkir yang semrawut kerap menjadi biang kemacetan di sejumlah jalan di Kota Makassar.

Pengamat tata kota dari Universitas Bosowa (Unibos) Makassar, Ir Jufriadi, menilai semrawutnya perparkiran disebabkan oleh maraknya parkir liar yang semena-mena menggunakan bahu jalan.

Hal ini menandakan rendahnya penanganan pemerintah dalam mengambil alih dan melarang sejumlah parkir liar yang ada di jalanan kota Makassar.

"Parkir liar ini bisa kita lihat dengan banyaknya tukang parkir yang jarang bahkan tidak pernah memberikan karcis terhadap pengguna parkir," kata Jufriadi.

Ia menegaskan, perparkiran di Kota Makassar harus dibenahi dengan melihat dari hilir ke hulu, dimana untuk mendeteksi parkir liar perlu arahan dari PD parkir Kota Makassar.

Jufriadi menambahkan, Pemerintah Kota Makassar harusnya segera membenahi tata kelola parkir dengan mengambil alih jumlah titik parkir yang dikelola oleh oknum tertentu.

"Selain mengambil alih perparkiran di sejumlah titik kota Makassar, Pemerintah Kota Makassar juga harus tegas dalam menertibkan parkir liar. Karena fenomena parkir liar ini yang sering menyebabkan kemacetan, karena mereka ambil bahu jalan sebagai lahan parkir," ucapnya.