Lanud Hasanuddin Makassar Operasionalkan Skadron Udara 33, Ini Tujuannya

Peresmian Skadron 33 di Lanud Sultan Hasanuddin Makassar / foto: Bahar

CELEBESMEDIA.ID, Makassar - Kepala Staf Angkatan Udara (KSAU), Marsekal TNI Yuyu Sutisna, meresmikan Skadron 33 di Lanud Sultan Hasanuddin Makassar, Jumat (14/6/2019). Dengan demikian, jumlah Skadron Udara di Lanud Sultan Hasanuddin bertambah menjadi 3, melengkapi yang sebelumnya sudah ada yaitu  Skadron 5 dan Skadron 11.

Diketahui bahwa Skadron Udara 5 dioperionalkan untuk pesawat intai, Skadron Udara 11 untuk pesawat tempur, dan Skadron 33 untuk pesawat angkutan berat.

“Pembentukan Skadron Udara 33 ini terintegrasi dengan kekuatan personil TNI yang ada di Makassar. Ini dilakukan untuk mendukung serta memaksimalkan pergerakan pasukan di wilayah Indonesia timur melalui udara,” kata Marsekal TNI Yuyu Sutisna.

Selain untuk kepentingan militer, Marsekal TNI Yuyu Sutisna menjelaskan bahwa kehadiran Skadron Udara 33 di Lanud Sultan Hasanuddin ini juga bertujuan untuk melakukan kesiapsiagaan dalam melakukan penanggulangan jika terjadi bencana alam, sehingga pendistribusian bantuan bisa dilakukan dengan cepat.

Sebanyak 71 personil dan empat pesawat Hercules dioperasionalkan di Skadron Udara 33 Lanud Hasanuddin. Keseluruhan jumlah personil dan pesawat tersebut merupakan pindahan dari Lanud Halim Perdanakusuma di Jakarta dan Lanud Abdulrachman Saleh di Malang.

Pemindahan ini dilakukan terkait upaya pemerataan kekuatan udara di seluruh wilayah Indonesia, baik  di wilayah barat, tengah, maupun di wilayah Indonesia bagian timur.