Bupati Selayar dan BPOM Sidak di Pusat Kuliner Ramadan

CELEBESMEDIA.ID, Selayar - Pastikan takjil Ramadan yang dijual aman dikonsumsi, Bupati Kepulauan Selayar Muh Basli Ali bersama Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) melakukan sidak pengawasan jajanan takjil di Pusat Kuliner Ramadan, Taman Pusaka Benteng, Jumat (8/4/2022).

Pengujian sampel ini dilakukan langsung di lokasi, guna memastikan takjil yang diperjualbelikan di kawasan tersebut aman untuk dikonsumsi, bersih dan bebas zat berbahaya serta bebas dari penyalahgunaan bahan kimia seperti formalin, boraks, dan pewarna. 

Basli Ali bersama Kepala BPOM didampingi sejumlah kepala perangkat daerah, terjun langsung memilih sampel takjil seraya berbincang penuh keakraban dengan para pedagang.

Bupati dua periode ini mengapresiasi pihak BPOM dan mengatakan bahwa kegiatan ini dilakukan untuk mendapatkan jaminan yang dikonsumsi oleh masyarakat semua terbebas dari hal-hal yang bisa menyebatkan timbulnya penyakit. 

"Dari 24 sampel takjil yang diambil dan diperiksa dengan uji mikrobiologi di lokasi ini, tak satupun ditemukan adanya zat berbahaya, artinya semua aman dan memenuhi syarat untuk dikonsumsi," ungkap Herdaningsih, Kepala BPOM Makassar.

Pengumuman hasil uji lab langsung di lokasi tersebut oleh BPOM dan menyatakan bahwa semua sampel negatif tidak mengandung bahan-bahan berbahaya bagi kesehatan, sontak disambut warga dengan berucap syukur disertai tepuk tangan.

Selain melakukan uji sampling takjil, BPOM juga menyampaikan informasi dan melakukan edukasi kepada para pedagang bagaimana menjajakan takjilnya dengan aman dan higienis.