Cegah Stunting, Pemkab dan TP PKK Luwu Gelar Aksi Bergizi

Hayarna Hakim - (ist)

CELEBESMEDIA.ID, Luwu - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Luwu, dalam hal ini Dinas Pemuda dan Olahraga bekerjasama dengan Dinas Kesehatan dan TP PKK Luwu kembali menggelar Aksi Bergizi yang kali ini dipusatkan di lapangan Puang Tambuk, Desa Buntu Barana, Kecamatan Suli Barat, Minggu (9/7/2023).

Aksi Bergizi ini dikemas senam bersama dengan masyarakat, pemeriksaan kesehatan gratis dan pemberian tablet tambah darah bagi remaja putri.

Hadir sejumlah Kepala OPD Lingkup Pemkab Luwu, Camat Suli Barat, Camat Suli, Kepala Puskesmas Suli Barat beserta jajarannya, tokoh masyarakat dan pelajar SD hingga SMA.

“Pemerintah Kabupaten Luwu terus melakukan berbagai upaya untuk mencegah terjadinya stunting, salah satunya dengan aksi bergizi,” kata Ketua TP PKK Luwu, Dr. Hj. Hayarna Basmin, SH. MSi.

Aksi Bergizi selain dengan melakukan olahraga untuk menjaga tubuh tetap bugar, harus juga dibarengi dengan makan makanan bergizi yang seimbang.

“Jadi selain olahraga kita juga harus makan makanan bergizi, khusus bagi anak-anakku remaja putri apalagi yang sudah memasuki masa menstruasi harus rutin minum tablet tambah darah untuk menghindari terjadinya anemia,” lanjutnya.

Hal senada diungkapkan pula oleh Kadis Kesehatan, dr Rosnawary Basir. Menurutnya, Aksi Bergizi merupakan upaya menjaga kesehatan.

“Gerakan-gerakan senam yang kita lakukan tadi bukan hanya sekedar bergerak saja tetapi ada gerakan yang bisa kita lakukan setiap hari untuk melancarkan peredaran darah sehingga dapat mencegah penyakit stroke,” jelas dr Rosnawary.

Dirinya juga menambahkan, selain olahraga dan makan makanan bergizi, perlu menjaga perilaku hidup sehat dengan memperhatikan 5 Pilar STBM diantaranya tidak buang air besar sembarang tempat, mengkonsumsi air minum yang bersih dan sehat.

Masih rangkaian kegiatan yang sama, Badan Amil Zakat Nasional (Basnaz) Luwu menyerahkan bantuan kepada 19 warga kurang mampu Desa Buntu Barana, Kecamatan Suli Barat.

Ketua Basnaz Luwu, Andi Agung Nas mengutarakan momentum ini menjadi ajang kolaboratif antara pemerintah dengan Baznas. Sebagai lembaga pemerintah, Baznas juga ikut menjalankan program nasional yakni pengentasan kemiskinan dan penanganan stunting bersama-sama pemerintah.

“Baznas mengapresiasi Ketua TP PKK yang telah menginisiasi kegiatan rutin seperti ini. Dan kepada para penerima manfaat dari Baznas saya harapkan dapat mendoakan orang-orang yang telah menunaikan zakat, infaq, dan sedekahnya di Baznas. Semoga Allah SWT senantiasa memberikan kesehatan kepada kita semua,” tutur Andi Agung Nas.

Bantuan Paket Sembako dari Basnaz Luwu diberikan kepada 7 orang warga Dusun Towodi, 8 orang warga Dusun Buntu, 1 orang warga Dusun Lempo, dan 3 orang dari Dusun Tobolong.