Ratusan Perempuan Meriahkan Festival Peringatan Hari Ibu di Makassar

CELEBESMEDIA.ID, Makassar - Ratusan perempuan di Makassar memeriahkan peringatan hari ibu dalam kegiatan Festival Hari Ibu yang digelar di Shandeq Ballroom Hotel Claro Kota Makassar, Selasa (12/12/2023).

Mereka berasal dari Tim Penggerak PKK Kota Makassar, DP3A Kota Makassar, Anggota DPRD Kota Makassar, Dharma Wanita Persatuan Kota Makassar, Dekranasda, Bunda Paud Kota Makassar.

Hadir pula Ikatan Keluarga Dewan, Yayasan Pemerhati Masalah Perempuan, UNICEF, ORG. SAVE THE CHILDREN, LBH APIK KOTA MAKASSAR, Komunitas Ibu Cerdas Indonesia, Lembaga Pemerhati Anak, Yayasan Pemberdayaan Masyarakat Indonesia Cerdas, Dirut Morula IVF Makassar.

Kegiatan ini merupakan kolaborasi Pemerintah Kota Makassar dan Tim Penggerak PKK Kota Makassar dalam rangka menyambut hari Ibu yang diperingati setiap tanggal 22 Desember setiap tahun.

Festival Hari Ibu tersebut dibuka Ketua Tim Penggerak PKK Kota Makassar, Indira Jusuf Ismail.

Istri Walikota Makassar, Moh. Ramdhan Pomanto ini mengungkapkan seluruh rangkaian kegiatan hari ini merupakan bentuk apresiasi sekaligus merayakan hari ibu sebagai pahlawan bagi seluruh anak Indonesia. 

Ia juga mengungkapkan bahwa di momentum ini diharapkan mampu memotivasi seluruh wanita agar mengambil peran aktif dalam hal apapun, berani untuk mengambil langkah perubahan.

"Hari ibu memiliki makna yang dalam, hari untuk mengapresiasi seluruh ibu yang ada di Indonesia bahwa mereka adalah sosok yang kuat, tangguh, dan berdaya, di momen ini juga seluruh wanita semoga termotivasi untuk selalu mengambil peran aktif," jelas Indira Jusuf Ismail.

Festival Hari Ibu tidak hanya menjadi momen untuk memperingati hari Ibu yang ke-95, dalam momen ini juga Festival Hari Ibu menjadi wadah untuk mempromosikan Kesetaraan Gender dan kampanye untuk menghentikan tindak diskriminasi yang kerap kali terjadi pada wanita. Hal tersebut disampaikan oleh Ketua Panitia, Irma Awalia.

"Festival Hari Ibu bertujuan untuk menghargai pencapaian wanita, mempromosikan kesetaraan Gender agar diskriminasi terhadap wanita bisa di hentikan, dan mendorong perempuan untuk lebih aktif terlibat dalam mengambil langkah perubahan," tutur Ketua Panitia, Irma Amalia, saat menyampaikan laporan kegiatan Festival Hari Ibu.

 Hari Ibu di Indonesia dirayakan secara nasional pada tanggal 22 Desember. Tanggal ini diresmikan oleh Presiden Soekarno di bawah Keputusan Presiden Republik Indonesia No. 316 Tahun 1959 tanggal 16 Desember 1959, pada ulang tahun ke-25 Kongres Perempuan Indonesia 1928.

Laporan : Riski