Pemkab Selayar Kirim Bantuan untuk Korban Bencana di Luwu dan Wajo

CELEBESMEDIA.ID, Selayar - Pemerintah Kabupaten Kepulauan Selayar mengirim bantuan untuk korban bencana banjir dan tanah longsor di Kabupaten Luwu dan Wajo.

Pengiriman bantuan ini dilepas oleh Bupati diwakili oleh Sekda Kepulauan Selayar Drs. Mesdiyono, M. Ec.,Dev selaku koordinator pengumpulan bantuan kemanusiaan di halaman Kantor Bupati Selayar, Jumat (17/5) pagi.

Bantuan terkumpul melalui posko bantuan kemanusiaan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Selayar. Sekretaris BPBD, Patta Bau, S. Sos., M.Si dalam laporannya menyebutkan, total bantuan kemanusiaan senilai Rp222.587.348.

Meski tidak dirinci, namun dirinya menyampaikan bahwa posko bantuan kemanusiaan BPBD telah menerima bantuan dari Forkopimda, Organisasi Perangkat Daerah, instansi vertikal, BUMN, BUMD, Organisasi Wanita, komunitas dan masyarakat.

"Jenis bantuan yang telah kami terima yaitu uang tunai 161.051.000 rupiah, yang pengalokasiannya dibagi dua, yaitu Kabupaten Luwu senilai 96.551.000 rupiah dan untuk Kabupaten Wajo senilai 64.051.000 rupiah," kata Sekretaris BPBD.

Selanjutnya, jenis barang yang telah diterima berupa mie instan, beras, susu, biskuit, popok, pakaian bekas layak pakai, tenda, kasur lipat, air mineral, dan kids ware, yang jika dirupiahkan senilai Rp61.536.348.

Jenis bantuan berupa barang ini pengalokasiannya juga dibagi dua lokasi, yaitu Kabupaten Luwu dan Wajo.

Sekda Selayar Mesdiyono mengucapkan terima kasih kepada segenap stakeholder yang telah menyisihkan sebagian hartanya untuk para korban bencana di Luwu dan Wajo. Dirinya berharap bantuan yang dikirimkan itu dapat mengurangi beban dan bermanfaat untuk para korban.

"Saya berharap bencana ini tidak terjadi lagi bukan hanya di Sulawesi Selatan, namun juga di Indonesia pada umumnya," ucap Mesdiyono.

Sembari melepas rombongan yang membawa bantuan, Sekda Selayar berharap rombongan tiba dengan selamat dan aman. Dirinya minitip pesan agar rombongan berhati-hati di jalan dan mengutamakan keselamatan.

Sebagai informasi, sebelumnya Bupati Selayar Basli Ali telah menginstruksikan kepada seluruh Organisasi Perangkat Daerah (OPD) untuk dapat bersama-sama membantu saudara-saudara kita yang menjadi korban bencana di Kabupaten Luwu dan Wajo.