Kodam XIV/Hasanuddin Salurkan 2000 APD untuk 14 RS Rujukan Corona

Kodam XIV/Hasanuddin Salurkan 2000 APD untuk 14 RS Rujukan Corona - (handover)

CELEBESMEDIA.ID, Makassar - Kodam XIV/Hasanuddin menyalurkan 2000 Alat Pelindung Diri (APD) untuk 14 Rumah Sakit (RS) rujukan penanganan virus corona di RS Pelamonia, Rabu (25/3/2020).

APD ini merupakan bantuan langsung dari Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB). APD ini nantinya akan digunakan paramedis yang bertugas pada 11 RS rujukan di Sulawesi Selatan, 1 RS rujukan Sulawesi Barat dan 2 RS rujukan Sulawesi Tenggara.

Adapun sebelas rumah sakit tersebut, antara lain RST Pelamonia (500 pcs), RSUP Wahidin Sudirohusodo (250 pcs), RSUD Maros (100 pcs), RS Pendidikan UNHAS (50 pcs), RS DR Tajudin (50 pcs), RS Labuan Baji (50 pcs), RSU Sinjai (50 pcs), RSU Laki Padada Toraja (50 pcs), RST Parepare (50 pcs), RST Bone (50 pcs) dan RS Bhayangkara (100 pcs).

Sementara untuk wilayah Sulawesi Barat dan Sulawesi Tenggara sendiri ada tiga RS untuk penyaluran APD yakni RSUD Mamuju (100 pcs), RST Kendari (100 pcs) dan RSU Bahteramas (100 pcs).

Pangdam XIV/Hasanuddin, Mayjen TNI Andi Sumangerukka mengatakan, APD ini baru tiba tadi malam. Sehingga rencananya langsung disalurkan hari ini ke RS rujukan yang menjadi garda terdepan dalam menangani pandemi virus corona.

“Saya berharap APD ini digunakan untuk paramedis kita, karena mereka adalah garda terdepan yang akan berhadapan langsung dengan pasien. Oleh karena itu manfaatkan dengan baik untuk membentengi kita,” katanya.

Menurut Andi Sumangerukka, penyaluran APD ini akan dilakukan secara bertahap. Sebab, pendistribusian APD dari gugus pusat diprioritaskan ke daerah-daerah yang kondisinya sangat mendesak.

“Kita juga prioritaskan daerah yang kondisinya mendesak. Nanti akan dilakukan pendistribusian secara bertahap. Saat ini baru 2000, apabila ada tambahan langsung kita distribusikan lagi,” terangnya.