Misteri Lubang Raksasa di Maros, Begini Penjelasan Ahli Geologi Unhas

Lubang raksasa di Desa Lebbo Tengae, Kecamatan Cenrana, Kabupaten Maros - (foto by Bahar)

CELEBESMEDIA.ID, Maros - Lubang raksasa atau sinkhole yang muncul tiba-tiba di areal persawahan warga di Desa Lebbo Tengae, Kecamatan Cenrana, Kabupaten Maros, masih menuai misteri.

Tim Geologi Universitas Hasanuddin (Unhas) yang turun melakukan pemantauan pada Selasa (24/12/2019), belum bisa mengambil kesimpulan terkait peristiwa fenomena alam tersebut.

Dugaan sementara, penyebab munculnya lubang raksasa karena terdapat rongga besar di bawah tanah sehingga menyebabkan tanah amblas.

Ahli Geologi Bawah Tanah Unhas, Jamal Rauf Husain menjelaskan, untuk sementara pihaknya belum bisa mengambil kesimpulan terkait fenomena alam tersebut, karena masih melakukan kajian.

"Kita belum bisa mengambil kesimpulan lebih dalam, karena masih melakukan penelitian. Dugaan sementara terdapat rongga menyerupai gua sehingga menyebabkan tanah amblas," katanya kepada media.

Saat ini kondisi lubang raksasa terus melebar, diameternya sudah mencapai 20 meter. Hal ini berbeda saat pertama kali ditemukan warga, dimana diameternya hanya sekitar 5 meter.

Sebelumnya fenomena lubang raksasa di Desa Lebbo Tengae muncul tiba-tiba di areal persawahan warga pada Senin (23/12/2019). Peristiwa alam tersebut sempat membuat warga geger karena terdengar suara gemuruh dari dalam tanah yang disertai kepulan asap.

Saat ini lokasi kejadian dipasangi garis polisi. Sementara sejumlah tim Geologi Sulselbar masih melakukan kajian, diantaranya Dr.Ir. Musri, Dosen Unhas sekaligus Ketua Ikatan Ahli Arkeologi Indonesia, Ir Jamal Rauf Husein, Ahli Geologi Bawah Tanah Unhas, dan Dr. Hendra Fahri, ahli Geologi Teknik Unhas.